Rabu, 19 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Kemenag Prioritaskan Tryout Kejujuran

10 Januari 2020, 15: 13: 14 WIB | editor : Amin Fauzie

BERSINERGI: Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lamongan Abdul Ghofur dan Project Officer Tryout Kejujuran Jawa Pos Radar Lamongan Indra Gunawan

BERSINERGI: Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lamongan Abdul Ghofur dan Project Officer Tryout Kejujuran Jawa Pos Radar Lamongan Indra Gunawan (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

LAMONGAN – Agenda tahunan Tryout Kejujuran Berbasis Komputer kembali diselenggarakan Jawa Pos Radar Lamongan dalam waktu dekat ini. Pihak penyelenggara pendidikan menyatakan mendukung penuh simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara serentak ini.
Bahkan, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan memprioritaskan Tryout Kejujuran Jawa Pos Radar Lamongan sebagai rangkaian kegiatan utama siswa madrasah sebelum menghadapi UNBK.
Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lamongan Abdul Ghofur menuturkan, setiap madrasah di bawah naungan kantor kemenag setempat wajib mengadakan dan mengikuti tryout sebanyak tiga kali.
Yakni, tryout yang diadakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur, Kantor Kemenag Kabupaten Lamongan, dan Tryout Kejujuran Jawa Pos Radar Lamongan. Sebab, media massa terbesar di wilayah Lamongan ini konsisten menggelar tryout dengan pelaksanaan yang sama seperti UNBK.
‘’Setiap tahun siswa-siswi madrasah Se-Kabupaten Lamongan selalu mengikuti Tryout Kejujuran. Bahkan tahun lalu tryout-nya juga sudah berbasis komputer. Sehingga tryout dari Jawa Pos Radar Lamongan sudah menjadi tryout yang wajib diikuti oleh siswa madrasah,’’ tuturnya saat ditemui di ruangannya kemarin (9/1).
Menurut dia, Tryout Kejujuran ini dapat melatih integritas siswa dalam menyelesaikan soal-soal. Celah untuk berbuat curang tidak ada lagi karena masing-masing siswa mendapatkan soal yang berbeda-beda.
Selain itu, jawaban para peserta juga otomatis telah ter-upload di server saat itu juga. Sehingga tidak butuh waktu lama hasil nilai tryout dapat diketahui.
‘’Kami siap menyukseskan Tryout Kejujuran berbasis komputer tahun ini. Apalagi sejak 2017 madrasah di Lamongan telah melaksanakan tryout dan UN berbasis komputer,’’ jelas Ghofur.
Project Officer Tryout Kejujuran Jawa Pos Radar Lamongan Indra Gunawan menjelaskan bahwa pelaksaan tryout tahun ini bersifat semionline. Sambungan internet hanya dibutuhkan untuk mengunduh soal dari server dan mengunggah hasil jawaban. Sedangkan selama proses pengerjaan soal, dilakukan secara offline atau tidak membutuhkan sambungan internet.
‘’Sehingga tidak ada lagi masalah saat mengerjakan soal karena jaringan internetnya tidak stabil. Aplikasi soal Tryout Kejujuran berbasis komputer ini juga termasuk ringan, hanya membutuhkan kapasitas memori 1 GB,’’ ujarnya.

(bj/din/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia