Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Kaleidoskop Semen Indonesia

Berbagai Prestasi Semen Indonesia di Tahun 2019

31 Desember 2019, 13: 12: 10 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Berbagai Prestasi Semen Indonesia di Tahun 2019

Berbagai Prestasi Semen Indonesia di Tahun 2019 (Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

Di sepanjang Tahun 2019, berbagai prestasi telah diraih oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang ­­­mem­buahkan penghargaan baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Sebenarnya bukan lebih pada peng­hargaannya, namun pada apa yang telah dipersembahkan oleh Semen Indonesia bagi lingkungan sekitarnya maupun bagi bangsa ini.

Bentuk komitmen dan tanggung jawab pada lingkungan sekitarnya telah dibuktikan di berbagai wilayah ­­opera­sio­nalnya yang mengedepankan ­hubu­­ngan yang harmonis antara perusahaan, masyarakat, dan lingkungan.

21 Januari 2019

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia Pabrik Tuban mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam kategori UPZ perusahaan teroptimal. 

Dana zakat yang dikumpulkan dari gaji karyawan Semen Indonesia digunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Seperti pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bea siswa untuk siswa kurang mampu, bisyaroh ustadz dan ustadzah Taman Pendidikan Alquran (TPQ), sembako untuk warga kurang mampu, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. 

Dan, pada tahun ini UPZ Semen Indonesia berhasil mengumpulkan zakat dan shodaqoh karyawan sebesar Rp 1,6 miliar.

23 April 2019

Semen Indonesia menerima penghar­gaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan kategori BUMN/BUMS Pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) Inspirator Re­klamasi Hutan. 

Penghargaan diberikan sebagai apresiasi kepada Semen Indonesia yang telah berhasil dalam melaksanakan reklamasi hutan dan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Pabrik Tuban. 

Pada tahun 2018 lalu Semen Indonesia telah melakukan reklamasi seluas 227,26 ha di lahan bekas tambang pabrik Tuban. Reklamasi dilakukan dengan menanam 308.971 pohon. Di antaranya, jati, sengon, johar, trembesi, mahoni, dan berbagai tanaman lainnya.

24 September 2019

PT  Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban memeroleh penghargaan dari PMI Tuban atas komitmennya secara rutin melaksanakan donor darah. 

Semen Indonesia Pabrik Tuban yang bekerjasama dengan PMI Tuban melakukan donor darah secara rutin tiga bulan sekali. Kegiatan sosial ini telah dilaksanakan perusahaan semen milik negara ini sejak tahun 1996.

26 November 2019

Semen Indonesia Pabrik Tuban memperoleh Anugrah Bumi Wali 2019 dalam Bidang Pengelolaan Lingkungan. Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tuban tersebut menilai bahwa Semen Indonesia Pabrik Tuban telah melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik. Salah satunya dengan melakukan pengelolaan lahan pasca tambang dengan baik. Seperti mereklamasi lahan tambang batu kapur menjadi sebuah taman rekreasi yang diberi nama Arboretum Bukit Daun. Juga, membuat embung-embung air dari lahan tambang tanah liat yang dapat digunakan warga sekitar perusahaan sebagai irigasi pertanian.

13 Desember 2019

Semen Indonesia meraih penghargaan Best Practice in Sustainable Mineral Development, kategori Mineral Mining–Non Metallic dalam ajang 2nd ASEAN Mineral Awards (AMA) 2019 di  Bangkok, Thailand. 

Penerapan teknik single continuous bench dan block mining system pada aktivitas penambangan Semen Indonesia di lingkungan Pabrik Tuban berbuah penghargaan ASEAN Mineral Awards 2019. 

Teknik penambangan yang diterapkan Semen Indonesia untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan keberadaan air bawah tanah ini dinilai menjadi praktik penambangan terbaik dalam menjaga daya dukung lingkungan.

16 Desember 2019 

Semen Indonesia memperoleh penghargaan dalam CSR Award Pemerintah Kabupaten Tuban tahun 2019 Bidang Pemberdayaan Masyarakat dengan program unggulan Pemberdayaan Petani Greenbelt Semen Indonesia dengan predikat Terbaik 1. 

Petani green belt merupakan petani yang berada di wilayah sekitar perusahaan dan memanfaatkan lahan milik Semen Indonesia sebagai lahan pertaniannya. Bahkan, petani green belt yang saat ini jumlahnya sekitar 527 orang tersebut telah membentuk koperasi yang bernama Koperasi Petani Green Belt Semen Indonesia Pabrik Tuban.

Semen Indonesia memperoleh penghargaan dalam CSR Award Pemerintah Kabupaten Tuban Bidang Pendidikan mendapatkan predikat terbaik 2 dengan program unggulan Kelas Kemitraan Industri SMK Negeri 3 Tuban. 

Kelas Kemitraan industri yang dilakukan Semen Indonesia Pabrik Tuban kepada SMK Negeri 3 Tuban sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu. Selain memberikan bantuan mesin las kepada SMK Negeri 3 Tuban, juga memberikan kesempatan magang kepada siswa di perusahaan.

16 Desember 2019

Sejak dibukanya program penghargaan industri hijau oleh Kementerian Perindustrian tahun 2010, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk yang dulu masih bernama PT. Semen Gresik (Persero) Tbk sudah mengikuti program tersebut sejak awal.

Didalam mengikuti program penghargaan Industri Hijau, Alhamdulillah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mendapatkan penghargaan level 5 berturut-turut selama 6 kali.

Sebagai Industri Kategori perusahaan besar, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen dalam proses produksinya selalu mengupayakan efisiensi penggunaan bahan baku, efisiensi energi, efisiensi penggunaan air, penurunan emisi gas rumah kaca, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, 3R limbah padat non B3, perlindungan keanekaragaman hayati, serta pemberdayaan masyarakat sesuai dengan prinsip triple bottom line.

Sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

Alhamdulillah di tahun 2019 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sudah beralih dari penghargaan Industri Hijau menjadi Sertifikasi Industri Hijau.

Penilaian sertifikasi industri hijau seperti yang sudah diikuti pada saat audit awal November kemarin, tim auditor menilai berdasarkan standar industri hijau untuk pabrik semen. (*)

(bj/*/wid/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia