Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Patung Empat Muka Berdiri di Tuban

11 Desember 2019, 16: 57: 30 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

IKON BARU DI TUBAN: Patung empat muka  di halaman belakang TITD Kwan Sing Bio Tuban.

IKON BARU DI TUBAN: Patung empat muka  di halaman belakang TITD Kwan Sing Bio Tuban. (Yudha Satria A/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban-Tak perlu jauh ke Bangkok, Thailand untuk melihat patung Buddha empat muka. Patung Buddha bernama Sie Mien Fo tersebut kini  berdiri di Tuban. Persisnya di halaman belakang Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban. Begitu selesai dibangun beberapa pekan lalu, patung tersebut langsung diserbu masyarakat. 

Tidak hanya untuk beribadah. Sebagian pengunjung dan umat memanfaatkan sebagai latar swafoto.  

Patung empat muka tersebut melambangkan empat sifat kebaikan sang Buddha. Yakni murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. Sedangkan delapan tangannya melambangkan kekuatan Buddha di mana kedelapan tangannya memegang benda yang berbeda. Delapan benda tersebut, tasbih, cakram, tongkat kebesaran, cupu air suci, kerang, kitab suci, teratai, dan dada. Bangunannya dikelilingi empat pilar. Antara lain, pilar hijau atau pilar emas dan terdiri dari 3 bagian: stupa, patung Buddha dan singgasana Buddha. 

Ketua Penilik Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban Alim Sugiantoro mengatakan, patung Buddha empat muka tersebut untuk melengkapi tiga unsur agama tri dharma di kelenteng setempat. Yakni, Buddha, Tao, dan Konghucu. Menurut dia, patung tersebut dibangun dengan dana Rp 1 miliar. Sumber dananya sumbangan umat.

Dikatakan taipan dengan nama keturunan Liem Tjeng Gie itu, mahalnya pembangunan ikon baru di Tuban tersebut karena patungnya setinggi 129 cm didatangkan langsung dari Bangkok. Begitu juga 

manik-maniknya yang mengkilat dan berbahan kaca didatangkan dari Negara Gajah Putih tersebut.

Alim merencanakan, patung tersebut diresmikan bhante atau biksu dari Thailand. ''Kita masih menunggu waktu kesediaan mereka untuk datang ke Tuban,'' kata dia.

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia