Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Dinilai Konsisten Mewujudkan SRA dan KLA

Pemkab Tuban Raih Penghargaan SRA Terbanyak Nasional

10 Desember 2019, 08: 55: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SELAMAT: Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si. menerima penghargaan sebagai kabupaten dengan SRA Terbanyak Nasioal dari Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawanti, SE., M.Si. kemarin (9/12).

SELAMAT: Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si. menerima penghargaan sebagai kabupaten dengan SRA Terbanyak Nasioal dari Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawanti, SE., M.Si. kemarin (9/12). (ist/ Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Komitmen Pemkab Tuban dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Kabupaten Layak Anak (KLA) mendapat apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Kemarin (9/12), Pemkab Tuban dianugerahi penghargaan sebagai kabupaten dengan jumlah SRA terbanyak 2019 tingkat nasional.

Penghargaan prestisius bidang perlindungan anak itu diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawanti, SE., M.Si. kepada Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si. di Wisma Nusantara Jakarta. Turut mendampingi wabup dalam menerima penghargaan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Nur Khamid dan Kepala Dinas Sosial dan PPPA Tuban Nurjanah, SH., MM.

Dalam arahannya, Menteri PPPA Gusti Ayu Bintang Darmawanti menyampaikan pentingnya SRA di lingkungan sekolah. ‘’Hampir sepertiga hari waktu anak-anak itu di sekolah. Itulah kenapa pentingnya SRA bagi anak-anak,’’ tuturnya.

MEMBANGGAKAN: Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si. bersama Kepala Dinas Pendidikan Tuban Drs. Nur Khamid dan Kepala Dinas Sosial dan PPPA Tuban Nurjanah, SH., MM. usai menerima penghargaan

MEMBANGGAKAN: Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si. bersama Kepala Dinas Pendidikan Tuban Drs. Nur Khamid dan Kepala Dinas Sosial dan PPPA Tuban Nurjanah, SH., MM. usai menerima penghargaan (ist/ Jawa Pos Radar Tuban)

Disampaikan Bintang Puspayoga, sapaan akrabnya, kehadiran SRA merupakan bentuk komitmen untuk memastikan bahwa anak-anak bisa merasa bebas, terlindungi, dan terpenuhi hak-haknya selama di sekolah. Tanpa ada kekerasan terhadap anak. ‘’Di sekolah anak-anak harus bisa merasa nyaman. Kebersihan juga harus terjaga. Sehingga tampak indah, asri, dan inklusif,’’ paparnya.

Karena itulah, Kementerian PPPA memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemkab Tuban karena serius dalam mewujudkan SRA dalam mendukung terwujudkan KLA di Kabupaten Tuban. ‘’Kita berharap capaian SRA ini dapat diwujudkan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, sesuai target kita Indonesia menuju negara ramah anak pada 2030 nanti,’’ katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Tuban Nur Khamid menjelaskan, pada 2019 ini seluruh sekolah di Kabupaten Tuban sudah mewujudkan SRA. Mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini (KB dan TK) sebanyak 1.161 sekolah, jenjang SD 580 sekolah, dan jenjang SMP 92 sekolah.

Bersama seluruh lembaga, guru, komite sekolah, dan siswa, berbagai upaya untuk mewujudkan SRA juga  dilaksanakan secara optimal. Seperti deklarasi SRA, workshop penguatan SRA, peninjauan langsung dan implementasi SRA di seluruh sekolah di Bumi Wali. ‘’Alhamdulillah, berkat komitmen bersama, Kabupaten Tuban terpilih sebagai kabupaten dengan jumlah SRA terbanyak 2019,’’ katanya.

Usai menerima penghargaan, wakil bupati Noor Nahar Hussein menyatakan bersyukur dengan penghargaan yang berhasil diraih. Disampaikan dia, penghargaan tingkat nasional menjelang akhir tahun itu merupakan buah kerja keras bersama seluruh komponen yang terlibat. Mulai dari sekolah, guru, komite, dan siswa. ‘’Penghargaan tersebut patut kita syukuri bersama sekaligus sebagai penyemangat dalam mengimplementasikan SRA di lingkungan sekolah secara lebih optimal lagi,’’ pesannya.

Wabup berharap, melalui konsep SRA  diharapkan mampu mewujudkan suasana bahagia di kalangan siswa, guru, dan orang tua. Sehingga, anak-anak bisa belajar dengan tenang dan nyaman. ‘’Kegiatan belajar dan mengajar di sekolah pun penuh dengan kasih sayang,’’ tandasnya.

Sekadar diketahui, pada Juli lalu Pemkab Tuban menerima Predikat KLA kategori pratama. Selain itu, sejumlah sekolah juga mendapatkan predikat SRA terbaik tingkat nasional. Di antaranya, TK Islam Plus Insan Kamil Tuban kategori tingkat pra sekolah. Kemudian tingkat SMP diraih MTs Negeri 1 Tuban dan tingkat SMA diraih SMAN 2 Tuban.

(bj/tok/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia