Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Sport
Alex Gonzalves Masih Mandul

Harus Tetap Bermain Konsisten 

05 Desember 2019, 09: 33: 57 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

MASIH MANDUL : Alex Dos Santos Gonzalves masih mandul hingga putaran kedua tinggal menyisakan empat laga. 

MASIH MANDUL : Alex Dos Santos Gonzalves masih mandul hingga putaran kedua tinggal menyisakan empat laga.  (Anjar Dwi P/Jawa Pos Radar Lamongan)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan - Persela mampu mencatatkan hattrick kemenangan di tiga laga terakhirnya yang krusial. Namun mereka tidak boleh jemawa dan berpuas diri. Tim kebanggaan warga Lamongan itu harus bisa tetap tampil konsisten menghadapi sisa laga. Sebab degradasi masih mengancam, meski jarak perolehan poinnya semakin lebar dengan tim-tim pesaing dari ancaman degradasi. 

''Perjuangan pemain sangat luar biasa. Tapi ingat, masih ada empat tangga lagi yang harus kita lalui,'' tutur Head Coach Persela, Nil Maizar kepada Jawa Pos Radar Lamongan, kemarin (4/12). 

Keberhasilan skuad Persela mempermalukan tuan rumah Persib Bandung dengan skor 0-2 di depan suporternya adalah suatu kebanggaan. Namun, Eky Taufik Febriyanto dkk diminta untuk tidak jemawa. Sebab posisi Persela belum benar-benar aman. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir dituntut tetap bisa meraih hasil maksimal di empat laga tersisa agar bisa lolos dari jerat degradasi. Yakni menjamu PSM Makassar dan PSS Sleman, menantang tuan rumah Tira Persikabo, dan menjamu Semen Padang di laga pamungkas. 

''Mudah-mudahan ke depan, kita tetap tidak pernah menyombongkan diri. Karena pertandingan masih banyak, dan saya harap pemain tetap rendah hati,'' imbuh pelatih kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat tersebut. 

Kemenangan Persela atas Maung Bandung tak lepas dari aksi heroik Dwi Kuswanto. Penjaga gawang kelahiran Sidoarjo itu mencatatkan cleansheet dan melakukan lima penyelamatan penting. Nil mengakui hal tersebut dan memuji permainan Dwi Kus, yang mampu mematahkan banyak peluang Persib. ''Setuju, karena ada 4 - 5 penyelamatan dilakukan. Tapi bukan berarti yang lain tidak  berfungsi,'' tukasnya. 

Sebaliknya, Alex Dos Santos Goncalves masih kukuh dengan status mandulnya di putaran II Liga 1 kali ini. Striker berpaspor Brasil itu gagal memaksimalkan dua peluang emas ketika tinggal berhadapan dengan Kiper Persib, I Made Wirawan. Torehan 16 gol selama putaran pertama sudah terkejar jauh oleh striker tim lain. Dia berdalih, pemain tim-tim lain sudah mengetahui permainannya sehingga menjaganya dengan ketat. 

''Sekarang lebih sulit karena semua pemain (lawan) tahu saya dan tidak memberi ruang pada saya. Dalam putaran pertama saya bermain 16 pertandingan dan mencetak 16 gol. Sekarang semuanya tahu saya,'' kilah Alex. 

Atas kemandulan Alex tersebut, selama putaran dua ini Persela terpaksa mengandalkan gol dari pemain belakang dan second line. Antara lain, M. Zaenuri (stoper) mencetak gol ketika Persela menang 1-0 atas Badak Lampung FC (BLFC). Sedangkan, dua gol ke gawang Borneo FC dicetak Rafael Gomes De Olivera (Rafinha) dan Kei Hirose. Sedangkan, gol ke gawang Persib dicetak Rafinha dan gol bunuh diri Ahmad Jufriyanto. 

''Oke, mereka (pemain lawan) jaga saya, tapi saya bisa berikan ruang bagi rekan saya untuk buat peluang dan mereka bisa cetak gol. Tentu saya akan lebih senang jika kita bisa menang,'' dalih Alex. 

Dia kembali berjanji bakal tampil lebih baik di sisa empat laga mendatang dan berharap bisa mencetak gol sekaligus membawa kemenangan bagi Persela. 

''Saya tidak ada masalah dengan hal itu, karena saya hanya inginkan tim ini bisa menang. Sisa pertandingan ini saya akan terus kerja keras, dan berusaha cetak gol dan membantu tim menang,'' janji Alex.

(bj/ind/feb/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia