Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Pengunjung Luar Kota Antusias Lihat Bonsai

30 November 2019, 15: 51: 46 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

MENYENANGKAN: Para pengunjung ketika melihat ragam bonsai di halaman Gedung Serbaguna, kemarin.

MENYENANGKAN: Para pengunjung ketika melihat ragam bonsai di halaman Gedung Serbaguna, kemarin. (Nurcholis/Jawa POs Radar Bojonegoro)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Festival bonsai yang saat ini berlangsung bisa berdampak meningkatkan perekonomian. Warga luar kota mulai berdatangan mengunjungi beragam bonsai yang berlangsung di Gedung Serbaguna Bojonegoro.

Sebanyak 198 ragam bonsai dipamerkan. Ditata berjajar di atas pilar pot. Beragam pohon bonsai yang unik dan seni bisa dilihat langsung.  

’’Jumlah total peserta 198 bonsai. Kemudian untuk jenis bonsai ada12,’’ kata Ketua Panitia Lomba Nanang Syarifudin kepada Jawa Pos Radar Bojonegoro kemarin (29/11).

Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Eko Subiyono mengatakan, festival bonsai ini tak hanya dari Bojonegoro. Sebaliknya,  beberapa pegiat bonsai dari kota/kabupaten lain ikut memeriahkan.  

Sesuai data di panitia, peserta dari luar Bojonegoro di antaranya Kota Batu, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Madiun, Probolinggo, Ngawi, Blora, Kudus, dan Jakarta.

’’Panitia terus mematangkan persiapan. Kemarin (29/11) sudah mulai dilakukan penilaian. Peserta dari luar kota cukup banyak,’’ katanya. 

Eko menuturkan, beragam bonsai sudah bisa dinikmati mulai 27-28 November. 

Selanjutnya, pembukaan akan digelar 1 Desember, sekaligus untuk penentuan bonsai yang terbaik. Rangkaian festival bonsai akan berakhir 5 Desember mendatang. ’’Pengunjung dari luar kota juga banyak,’’ tandas Eko.

Dia menambahkan, ada beberapa kategori  bonsai. Mulai dari prospek atau bonsai yang belum jadi atau proses. Kemudian, untuk tingkat regional, yaitu bonsai, baru masuki kontes skala nasional. Selanjutnya, madya bonsai yang lolos regional predikat baik.

(bj/msu/rij/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia