Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Seni Menghias Mobil Mini

28 November 2019, 15: 45: 58 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SEPERTI ASLINYA: Agoes memperlihatkan miniatur mobil sekaligus arena  yang didesain serealistis mungkin. 

SEPERTI ASLINYA: Agoes memperlihatkan miniatur mobil sekaligus arena  yang didesain serealistis mungkin.  (Yudha Satria A/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban –  Melukis tidak selalu bermedia kanvas. Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Tuban Diecast Community misalnya. Mereka melukis bermediakan miniatur mobil. Pada bodi mobil mainan yang dibeli di minimarket dan online shop, mereka menggambar dan mengecat ulang  semirip mungkin dengan aslinya. Hobi tersebut yang kini merebak di kalangan remaja Bumi Wali.

Ketua Tuban Diecast Community Agoes Widya Nugroho mengatakan bagi penggemarnya, diecast bukan sekadar mainan. Melainkan media berekspresi dan berkreasi. Miniatur mobil yang mereka beli, dimodifikasi agar lebih realistis. Mulai mengecat ulang bodi, mengganti kaca, velg, ban, hingga jok atau bagian interior mobil. ‘’Semakin bisa membuat mobil mainan semirip aslinya, semakin ada kebanggaan tersendiri,’’ kata dia.

Yang mereka hias sebagian besar adalah mobil dari merek pabrikan Eropa dan Inggris. Selebihnya mobil Jepang. Jika sudah mirip dengan aslinya, mobil-mobil tersebut dilombakan. Pesertanya penggembar diecast dari Jawa dan Bali. Yang paling realistis dan menarik tentu yang menjadi juaranya. ‘’Biasanya, mobil yang sering menjuarai kompetisi harganya semakin mahal kalau dijual kembali,’’ ujar dia.

Pemuda yang tinggal di Jalan Sunan Gunung Jati itu mengatakan, di Tuban penggembar diecast sebanyak 35 orang. Sebagian besar merupakan pekerja. Selebihnya pelajar SMA dan mahasiswa. Hobi menghias dan mengoleksi diecast masih terbatas di kalangan tertentu karena memang harganya tak murah. Satu mobil kisaran Rp 50 ribu. ‘’Aksesori dan spare part-nya lebih mahal, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah,’’ ungkapnya.

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia