Rabu, 29 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Menikmati Sensasi Japanese Food

22 November 2019, 16: 45: 09 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

LEZAT : Salah satu konsumen menikmati masakan Jepang yang mulai populer di kalangan remaja Bumi Wali.

LEZAT : Salah satu konsumen menikmati masakan Jepang yang mulai populer di kalangan remaja Bumi Wali. (YUDHA SATRIA ADITAMA/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Setelah kuliner khas Korea, kini giliran makanan Jepang yang mulai mengenalkan diri di Tuban. Makanan populer khas Negeri Sakura seperti onigiri, sashimi, ramen, teriyaki, dan lainnya dikemas seperti aslinya. Juga camilannya seperti okonomiyaki, takoyaki, dan chicken karage. 

Untuk menikmati sensasi makanan Jepang sesungguhnya, sejumlah makanan disajikan mentah atau setengah matang sesuai dengan selera penikmatnya. Salah satu restoran yang menyajikan masakan khas Jepang di Jalan Letda Sucipto misalnya. Tempatnya didesain semirip mungkin dengan warung di Negeri Matahari Terbit itu. Semua menu disajikan seperti aslinya. Selain nama, juga bentuk, warna, serta rasa. 

Ani Herawati, owner restoran Jepang itu mengatakan, agar cocok di lidah masyarakat, ada sejumlah modifikasi resep. Salah satunya menawarkan kepada pengunjung apakah makanan yang dipesan dibuat mentah, setengah matang, atau matang. 

‘’Jika ingin seperti aslinya ya bisa dikonsumsi mentah, tapi jika kurang cocok bisa digoreng hingga matang layaknya makanan yang kita konsumsi sehari-hari,’’ kata pengusaha kuliner tersebut.

Sejumlah bahan dan alat makan diimpor dari Jepang. Juga, koki yang mengolah resep merupakan juru masak yang berpengalaman dan terbiasa dengan metode masakan Jepang. Hera mengatakan,  banyak perbedaan masakan Jepang dan Indonesia. Salah satunya dari bahan. Banyak makanan Jepang mengandalkan olahan ikan laut dan sayuran yang jarang ada di Indonesia. ‘’Bahan penting yang tidak ada di Indonesia, kami impor agar rasa seperti aslinya,’’ ungkapnya.

(bj/yud/wid/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia