Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Mewujudkan UMKM Tuban Go Internasional

BRI Adakan Pelatihan 10.000 UMKM

20 November 2019, 06: 00: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SALING BERSINERGI : Karyawan BRI Cabang Tuban, pemateri, dan peserta pelatihan UMKM Tuban yang siap mewujudkan industri unggul.

SALING BERSINERGI : Karyawan BRI Cabang Tuban, pemateri, dan peserta pelatihan UMKM Tuban yang siap mewujudkan industri unggul. (YUDHA SATRIA ADITAMA/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban - Untuk mengembangkan kualitas pelaku usaha di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar pelatihan untuk 10 ribu UMKM (usaha mikro kecil menengah). Pelatihan berupa pendidikan administrasi dan manajemen keuangan, entrepreneurship, akses perbankan, dan e-commerce dilakukan oleh 100 BRI cabang yang ada di Indonesia.

Di Tuban, sebanyak 100 UMKM terpilih kemarin (19/11) diundang untuk mengikuti pelatihan di Hall Kayu Manis Resto. Pemateri pertama tentang Kebijakan Pengembangan UKM/IKM Tuban oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Tuban Drs. Agus Wijaya, M.AP. Selanjutnya materi tentang Administrasi dan Manajemen Keuangan oleh Dra. Henny Sri Astuty, M.Pd.

Pemateri ketiga yakni Nanik Hariningsih S.Pd, salah satu pelaku usaha tenun gedog asal Kecamatan Kerek yang sukses meniti bisnis. Pemateri keempat tentang product knowloedge dari Masrukan, Assisten Manager Bisnis Mikro BRI Tuban. Pemateri sesi terakhir dari tim Tokopedia dan Angkasa Pura yang mengedukasi serta memberi tips dan trik agar penjualan menembus pasar internasional.

Kepala Diskopindag Tuban Agus Wijaya dalam sambutannya mengapresiasi kepedulian BRI untuk pengembangan UMKM di Tuban. Program pelatihan industri kecil menengah sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pelaku usaha dan peningkatan kualitas produk asli Bumi Wali. 

‘’Semoga program semacam ini akan terus ada dan bertambah agar mewujudkan UMKM yang berkualitas dan mandiri,’’ ungkap dia.

Pemimpin Cabang BRI Tuban Ida Susana Tri Rahayu mengatakan, pelatihan UMKM merupakan salah satu program corporate social responsibilty (CSR) dari BRI. Diselenggarakan di 100 BRI cabang dengan mengundang 100 pelaku UMKM terpilih. Kegiatan tersebut sebagai bukti komitmen BRI untuk mengembangkan kemampuan mitra BRI di sektor usaha rumahan. ‘’Ini juga sebagai upaya BRI agar selalu dekat dengan konsumen dan mitra,’’ kata dia.

Ida menjelaskan BRI berkomitmen untuk berperan mengembangkan UMKM di Tuban. Melalui pelatihan yang menghadirkan pemateri para profesional, diharapkan bisa mencetak pelaku usaha yang memiliki produk berkualitas hingga go internasional. 

‘’Semoga kualitas produksi UMKM Tuban terus meningkat sehingga bisa menaikkan kesejahteraan para pelaku usaha dan masyarakat,” harapnya.

Pelatihan diselenggarakan agar UMKM bisa go modern, go digital, go online, dan go global atau internasional. Ida menuturkan, pelatihan 10.000 UMKM merupakan salah satu program CSR BRI yang digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun BRI ke-124 Tahun. Program CSR lain yang digelar BRI diantaranya pembangunan dan perbaikan 200 rumah tidak layak huni, program padat karya 50 lokasi, serta konservasi kawasan sungai di 19 wilayah. 

‘’BRI selalu berkomitmen menjalankan peran sebagai agent of development sehingga kehadirannya semakin memberikan kontribusi besar pada ekonomi kerakyatan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup,’’ jelas Ida.

(bj/yud/wid/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia