Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Tuban Jadi Jujukan Traveler Dunia

19 November 2019, 17: 17: 21 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

DESTINASI FAVORIT : Mark, traveler dunia saat mengunjungi Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, kemarin (18/11).

DESTINASI FAVORIT : Mark, traveler dunia saat mengunjungi Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, kemarin (18/11). (YUDHA SATRIA ADITAMA/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Sejumlah wisata religi di Tuban sudah mendunia. Terbukti, Bumi Wali menjadi salah satu destinasi Mark Learn, 63, dalam catatan penjelajahannya. Traveler dunia yang sudah mengunjungi lebih dari 800 kota di 163 negara di dunia itu kemarin (18/11) berkunjung ke sejumlah wisata religi yang ada di Tuban.

Bule asal Bismarck, Amerika Serikat itu berkunjung ke Tuban selama tiga hari. Tujuan utamanya wisata religi seperti Masjid Agung Tuban, kompleks Makam Sunan Bonang, dan Kelenteng Kwan Sing Bio. Kepada Jawa Pos Radar Tuban, Mark mengaku tertarik dengan Tuban karena memiliki sejumlah lokasi wisata berbasis religi yang unik dan menarik untuk dijelajahi. 

Dalam setiap perjalanannya di lokasi wisata, Mark selalu mendokumentasikan dengan kamera ponselnya. Seluruh perjalanan tersebut dia simpan rapi di dalam dokumen foto online miliknya. 

Akuntan pemerintahan Dakota Utara Amerika Serikat ini menjelaskan, Tuban adalah kota ke sembilan di Indonesia yang dia kunjungi. ‘’Saya pernah ke Jakarta, Jogjakarta, Bali, Semarang, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Malang, dan Surabaya,’’ jelasnya.

Seluruh kota yang dikunjungi Mark adalah kota besar atau kota yang memiliki ikon wisata religi yang unik. Dia mempelajari cara beribadah hingga sejarah tempat tersebut. Seluruhnya dia catat di notebook mini miliknya. Begitu pula ketika berkunjung ke kelenteng di Jalan RE Martadinata kemarin pagi. Dia mencatat beberapa tradisi khusus umat dalam beribadah. ‘’Entah tulisan ini saya bukukan atau tidak, lihat nanti,’’ kata dia dalam bahasa Inggris.

Bule berkepala gundul itu juga memuji keindahan Bumi Wali. Selain masyarakat yang ramah dan selalu mengajaknya berfoto di berbagai kesempatan, Mark mengakui wisata religi di Tuban sangat layak mendunia. 

‘’Di sini memiliki wisata religi dan alam yang sangat indah. Sangat saya kagumi karena dari 163 negara yang saya pernah kunjungi, Indonesia is one of my favorite (Indonesia adalah salah satu negara favorit saya),’’ tegasnya.

(bj/yud/wid/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia