Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Perahu Kuno Diangkat Besok

05 November 2019, 11: 20: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

RENCANAKAN BESOK PENGANGKATAN: Perahu kuno di Bengawan Solo wilayah Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng kelihatan sebagian setelah dikuras kemarin. 

RENCANAKAN BESOK PENGANGKATAN: Perahu kuno di Bengawan Solo wilayah Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng kelihatan sebagian setelah dikuras kemarin.  (Gamal/Jawa Pos Radar Lamongan)

Share this      

KALITENGAH, Radar Lamongan - Pengangkatan perahu kuno di Desa Mertani, Kecamatan Karanggeneng, direncanakan besok. Hingga kemarin (4/11), mesin pompa dioperasionalkan untuk mengeluarkan air dari ‘’bendungan’’ sak yang mengelilingi perahu yang diduga peninggalan Belanda tersebut. 

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan, Mifta Alamudin mengatakan, beberapa pekerja melakukan penumpukan sak hingga air di sekitar perahu kuno terlokasi. Selanjutnya, air tersebut dikeluarkan dengan bantuan mesin pompa.

 ‘’Untuk besok pagi (pagi ini, Red), tugas tim arkeologi ekskavasi BPCB Trowulan untuk melihat setelah dikuras airnya,’’ ujarnya.

Jika air banyak berkurang, maka perahu bakal dibersihkan. Sebab, sebagian perahu diprediksi terpendam pasir. 

‘’Target pembersihan dari pasir tersebut selama sehari lamanya. Kalau tidak ada kendala, hari Rabu (besok) dilakukan pengangkatan menggunakan alat berat,’’ katanya.

Dia berharap tidak ada kendala selama proses pengangkatan perahu kuno tersebut. Sehingga, bentuk asli perahu tersebut diketahui. Jika berhasil diangkat, maka perahu bakal dibawa ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan. 

‘’Yang terpenting bisa mengangkat satu perahu terlebih dulu. Syukur kalau bisa keangkat semuanya (tiga perahu), tentunya lebih bagus,’’ imbuhnya.

(bj/mal/yan/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia