Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Apresiasi untuk Kabupaten Tuban

Gubernur: Pembukaan MTQ XXVIII Jatim Luar Biasa

28 Oktober 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

SIMBOLIS: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, Bupati Fathul Huda, anggota DPR RI Ratna Juwita Sari, dan Ketua 3 LPTQ Jawa Timur KH. Abdul Hamid Abdullah resmi membuka MTQ ditandai dengan penabuhan bed

SIMBOLIS: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, Bupati Fathul Huda, anggota DPR RI Ratna Juwita Sari, dan Ketua 3 LPTQ Jawa Timur KH. Abdul Hamid Abdullah resmi membuka MTQ ditandai dengan penabuhan bed (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVIII Provinsi Jawa Timur yang berlangsung di Kabupaten Tuban resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Sabtu (26/10) malam.

Ber­tem­pat di Alun-Alun Tuban, acara pembukaan ditandai dengan tabuhan bedug oleh Gubernur, didampingi Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, SH., M.Hum., Bupati Tuban H. Fathul Huda, Ketua 3 LPTQ Jawa Timur KH. Abdul Hamid Abdullah, M.Si., dan anggota DPR RI Hj. Ratna Juwita Sari, SE., MM.

Dalam sambutannya, Gubernur memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kabupaten Tuban yang telah menyiapkan pembukaan MTQ dengan luar biasa meriah. Disampaikan Khofifah, pembukaan MTQ ke-28 ini merupakan kesuksesan kedua Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah pe­nyelenggaraan event tingkat provinsi yang berlangsung di Bumi Wali. Kesuksesan pertama adalah sebagai tuan rumah sekaligus closing ceremony penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VI 2019.

SEMOGA BERKAH: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama bupati Fathul Huda pose bersama usai pemberian santuan kepada anak-anak yatim.

SEMOGA BERKAH: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama bupati Fathul Huda pose bersama usai pemberian santuan kepada anak-anak yatim. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

‘’Sama seperti closing ceremony Porprov Jatim VI 2019 yang sukses luar biasa, maka pembukaan MTQ ke-28 Jatim kali ini juga tidak kalah luar biasa. Masyarakat Tuban sangat antusias. Luar biasa. Terima kasih untuk seluruh warga Tuban,’’ tu­turnya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kesuksesan Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah MTQ ke-28 Jatim.

Yang tidak kalah membanggakan, lanjut Khofifah, adalah jumlah peserta MTQ Jatim yang juga melebihi dari jumlah peserta MTQ nasional. ‘’Termasuk jumlah masyarakat yang hadir dalam pembukaan MTQ kali ini, juga Insya Allah melebihi jumlah masyarakat yang hadir dalam pembukaan MTQ nasional,’’ tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah juga mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk terus membangun kerukunan, karena Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Rahmat untuk seluruh alam. Tanpa membeda-bedakan. ‘’Jangan sampai ada gesekan antar sesama yang bisa me­nimbulkan sesuatu yang tidak kita inginkan,’’ pesannya kepada seluruh masyarakat Jatim.

Lebih lanjut orang nomor satu di Jatim ini menyampaikan, pelaksanaan MTQ kali ini sudah selaras de­ngan kemajuan teknologi di era 4.0. Seluruh proses kegiatan sudah menggunakan digital IT. Mulai dari pendaftaran secara online hingga pola dan format penilaian yang di­gunakan juga sudah menggunakan aplikasi e-Maqra. Yakni, aplikasi penilaian yang langsung secara online. ‘’Ini artinya bahwa keluarga besar LPTQ (lembaga peng­embangan tilawatil Quran) dan seluruh kafilah MTQ Jatim sudah siap memasuki industri 4.0,’’ tegas ketua PP Muslimat NU itu.

Khofifah berharap, keberhasilan penyelenggaraan MTQ yang sudah memasuki era industri 4.0 ini tidak hanya memberikan dampak positif kepada LPTQ dan peserta MTQ Jawa Timur.

‘’Tapi juga diharapkan bisa memberikan resonansi bagi kehidupan warga Jawa Timur dan bangsa Indo­nesia pada umumnya,’’ harapannya.

Bupati Fathul Huda menyampaikan, kesuksesan Kabupaten Tuban dalam menyelenggarakan pembukaan MTQ kali ini juga tidak lepas dari peran serta pemerintah provinsi dan seluruh panitia yang telah bekerja keras, baik panitia dari provinsi maupun kabupaten. Utamanya kontribusi yang telah diberikan gubernur.

‘’Kami sampaikan terima kasih karena telah dipercaya untuk menyelenggarakan MTQ ke-28 Jatim. Se­bagai rasa syukur, kami akan menyelenggarakan MTQ kali ini dengan sebaik-baiknya,’’ tuturnya.

Bupati ber­harap, kegiatan MTQ ini bisa membuahkan hasil sekaligus menerjemahkan Alquran dalam kehi­dupan sehari-hari di bidang apapun. ‘’Mudah-mudahan dengan MTQ ini betul-betul kita bisa menggali semua apa yang ada di Alquran dan bagi yang mendengarkan bacaan Alquran bisa bergetar hatinya, yang pada akhirnya membuat kebahagian di dunia dan akhirat,’’ ujar mantan ketua PCNU Tuban itu.

Acara pembukaan berlangsung sangat meriah yang diisi sejumlah pentas seni. Diantaranya, tarian kolosal rampak pesisir yang ditampilkan oleh 200 penari dari siswi SMA/SMK se-Kabupaten Tuban yang tergabung dalam sejumlah sanggar seni. Acara semakin meriah dengan penampilan band Wali. Seluruh kafilah, official, pejabat, dan masyarakat yang hadir dalam open ceremony MTQ ke-28 Jatim sangat terhibur.

(bj/tok/wid/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia