Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon-featured
Advertorial

Getah Pinus Petani Seharga Tiga Ribu Enam Ratus Per Kilogram

27 Oktober 2019, 17: 32: 58 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Getah Pinus Petani Seharga Tiga Ribu Enam Ratus Per Kilogram

Share this      

CILACAP – Penderes getah pinus, adalah salah satu profesi masyarakat di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang terbantu pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) melalui pengaspalan sepanjang 900 meter lebar 2,5 meter.

Jalan yang telah dibangun anggota Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap bersama masyarakat Cilibang ini, kini memudahkan Jasim (46) warga Dusun Cironeng RT. 01 RW. 03, Cilibang, untuk mengangkut hasil panennya dari kebun.

“Saya sebagai petani kecil mengucapkan terima kasih kepada Pak Dandim Wahyo dan jajarannya yang telah membangun jalan pertanian kami,” ucapnya, Jumat (25/10/2019).

Kini ke kebun jadi mudah dengan sepeda motor dan bahkan roda empat. Pun dengan ongkos buruh serta sarana pengangkut jelas terpangkas jauh.

Saat ditanya seputaran hasil dari profesinya tersebut, Jasim membeberkan bahwa dirinya menyadap pinus setiap dua minggu sekali dengan rataan 167 kilogram getah. Per kilonya dijual kepada pengepul setempat seharga Rp. 3.600.

Tampak Serka Sodirin membantu Jasim sekaligus mencari dokumentasi aspek profesi masyarakat sebagai bahan publikasi TMMD Reguler. (Aan)

(bj/*/bet/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia