Senin, 27 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Permudah UKM ke Swalayan, Pemkab Bikin Perda

26 Oktober 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

DIDORONG MAJU: Salah satu produk UKM Bojonegoro yang perlu pemasaran lebih luas.

DIDORONG MAJU: Salah satu produk UKM Bojonegoro yang perlu pemasaran lebih luas. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO,  Radar Bojonegoro - Pemkab Bojonegoro berencana menyusun peraturan daerah (perda) usaha kecil. Aturan tersebut diharapkan bisa membantu pengusaha kecil memasarkan produknya ke swalayan atau supermarket. 

’’Jika sudah ada perda, maka ritel wajib membantu usaha kecil memasarkan produknya,’’ ujar Kabag Perekonomian Pemkab Bojonegoro Rahmat Djunaedi.

Menurut dia, ritel nantinya wajib menyediakan tempat khusus produk usaha kecil dan menengah (UKM).  Saat ini,  lanjut Rahmat, sejumlah produk UKM ada yang dijual di dua supermarket di Bojonegoro.  ’’Alhamdulillah sudah ada dua swalayan yang mau menerima produk UKM lokal Bojonegoro,’’ jelasnya. 

Rahmat menambahkan,  jika sudah ada perda, maka produk UKM dengan mudah masuk ke swalayan. Tidak perlu lagi meminta pemilik swalayan untuk menyediakan  space produk UKM. ’’Asalkan syaratnya dipenuhi,’’ imbuhnya.

Ketua Komisi B DPRD Bojonegoro Sally Atyasasmi mendukung langkah pemkab itu. ’’Itu sangat bagus,’’ katanya. 

Menurut Sally, sapaannya,  jika usaha kecil tumbuh dengan omzet yang bagus, maka perekonomian masyarakat  Bojonegoro juga akan bagus.  Sektor usaha kecil ini harus mendapatkan perhatian serius pemkab.  

’’Selama ini produk UKM sangat sulit masuk swalayan.  Persyaratan yang rumit sering menjadi ganjalan UKM untuk maju,’’ ujarnya. 

Selain itu,  Sally,  juga meminta pemkab untuk memberikan kemudahan akses modal.  Sebab,  banyak usaha kecil tidak bisa besar karena kekurangan modal.  ’’Masalah seperti ini harus segera diselesaikan,’’ kata politikus Partai Gerindra itu.

(bj/zim/yan/cho/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia