Minggu, 15 Dec 2019
radarbojonegoro
icon-featured
Advertorial

Dansatgas Giatkan Literasi Pada Anak-Anak Usia Dini

25 Oktober 2019, 22: 06: 18 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Dansatgas Giatkan Literasi Pada Anak-Anak Usia Dini

Share this      

CILACAP – Minat baca anak-anak di lokasi pembangunan, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, delman difungsikan sebagai perpustakaan keliling, yang dihadirkan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap langsung diserbu Siswa dan siswi SDN 02 Cilibang.

Menurut Dansatgas TMMD, Letkol Infanteri Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han), mengatakan, perpustkaan andong ini sebagai upaya unik dan kreatif dari semua Babinsa 0703 / Cilacap untuk menarik perhatian anak usia dini dan gemar mambaca.

“Bahwa dalam membangun aspek non fisik TMMD bidang pendidikan, kami memang melakukan terobosan sambil membaca dapat memegang kuda pada siswa-siswi SDN 02 Cilibang,” Ucap Dansatgas TMMD 106 Kodim Cilacap ini, Jumat (25/10/2019).

Dijelaskannya, kedatangan delman bersama dengan kusirnya, Suparjo (59), sengaja didatangkannya dari Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jateng. Hal ini untuk memacu anak-anak dalam membaca serta menghilangkan gadget yang selama ini mereka gunakan.

Lanjutnya, Kegiatan ini merupakan kegiatan non fisik yang sudah menjadi program TMMD Reguler ke 106 Ta 2019 Kodim Cilacap, dalam menggiatkan literasi. Dikarenakan pada jaman sekarang ini, minta baca anak-anak lebih rendah hal ini disebabkan anak-anak lebih suka bermain medsos dengan menggunakan Gadget.

“Perpustakaan keliling dengan menggunakan Delman ini, bertujuan untuk meningkatkan literasi atau kemampuan baca dan tulis anak-anak setempat. Diharapkan, anak-anak dapat lebih rajin belajar dan lebih tanggap saat menerima pelajaran di sekolah, tidak fokus pada permainan Gadget yang selama ini merusak mental anak dan membuat anak-anak enggan membaca,” tutup Wahyo.(pendim Cilacap/Budi).

(bj/*/bet/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia