Selasa, 10 Dec 2019
radarbojonegoro
icon-featured
Advertorial

Atasi Kemarau Panjang, Satgas TMMD Gali Sumur Tua Untuk Pertanian

25 Oktober 2019, 21: 52: 16 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Atasi Kemarau Panjang, Satgas TMMD Gali Sumur Tua Untuk Pertanian

Share this      

CILACAP – Musim kemarau panjang yang terjadi sekarang ini, membuat Satgas TMMD Reguler 106 Kodim Cilacap melakukan beberapa upaya dalam penggalian sumur tua di Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, hal ini untuk mengatasi krisis air pertanian di musim kemarau panjang seperti ini.

Melihat keadaan pertanian yang mulai mengering dan gagal panen akibat dari tidak adanya air yang mengairi pertanian mereka. Personil Satgas TMMD langsung merespon aspirasi petani setempat dengan mulai membersihkan sumur dari sampah, agar air dapat mengalir ke sawah. Jumat (25/10/2019).

“Sekarang sumur ini sudah siap untuk digunakan kembali oleh para petani walau hanya untuk sekedar menyiram tanaman, air sumur ini sudah sangat cukup untuk menyiram tanaman pertanian disini,” jelas Kopda Taufik.

Sementara itu Babinsa Koramil 02 Jeruklegi, Sertu Jumadi, mengatakan, bahwa sumur yang digali ini, memang memiliki debit air yang sangat baik dan dulunya sering digunakan warga desa setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih walaupun di musim kemarau seperti ini.

“Di Desa Cilibang ini memang banyak sumur-sumur warga setempat yang sudah mengering akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Namun, salah satu sumber mata air sumur ini tidak pernah mengering walaupun musim kemarau panjang seperti ini,” Ungkapnya.

Selain menggali dan membersihkan sumur, lanjutnya, personil Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap bersama masyarakat juga membuat saluran irigasi menuju perkebunan terdekat, yang akan dialirkan air dari dalam sumur ini. (pendim Cilacap / Budi).

(bj/*/bet/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia