Minggu, 15 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Pekerjaan Berat Tuntas, Optimistis Selesai

Progres JLS Rerata Capai 50 Persen

25 Oktober 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Progres pengerjaan proyek jalan lingkar selatan (JLS) rerata baru mencapai 50 persen.

Namun demikian, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Tuban Edi Kartono optimistis megaproyek yang terbagi dalam tiga paket dengan anggaran sekitar Rp 70 miliar itu bakal tuntas tepat waktu. Pasalnya, sejumlah pekerjaan yang rumit dan berat telah dilakukan, seperti pembuatan jembatan. ‘’Sudah terpasang semua,’’ tandasnya.

Disampaikan Edi, untuk progres pengerjaan paket satu dan dua telah mencapai 50 persen lebih. Saat ini, kata dia, tinggal menyisakan proses pengaspalan dan pemasangan u-ditch. Menurutnya, proses pengaspalan dan pemasangan u-ditch ini akan berlangsung dengan cepat. Berbeda dengan pengerjaan jembatan yang membutuhkan waktu lama karena proses pengerjaan yang berat.

‘’Jika melihat progres (paket satu dan dua, Red) saat ini, Insya Allah bisa tuntas tepat waktu,’’ terang pejabat definitif kabid bina marga itu.

Berbeda dengan paket satu dan dua yang sudah mencapai ambang 50 persen. Untuk paket tiga, lanjut Edi, masih pada kisaran 35 persen. Namun begitu, dia juga optimistis pengerjaan paket tiga bakal tuntas tepat waktu, karena sebagian besar pengerjaan berat juga telah dituntas. Utamanya pekerjaan yang rawan terhambat apabila hujan turun. ‘’Insya Allah (meski telah memasuki musim penghujan, Red) tidak masalah,’’ ujarnya.

Proyek prioritas untuk mengurai kemacetan di dalam kota ini harus tuntas sebelum periode kedua bupati Fathul Huda dan wabup Noor Nahar Hussein berakhir pada 2021 nanti. Untuk tahap awal ini, estimasi panjang jalan yang akan dibangun sepanjang 7 kilometer (km) dari total 12 km (jalan baru). Sebagai tahap awal akan dibangun dua lajur dulu dari total empat lajur.

Untuk diketahui, JLS dengan panjang total sekitar 19,9 km itu terbentang dari Desa Tunah, Kowang, Penambangan, Prunggahan, semuanya di Kecamatan Semanding. Selanjutnya, Kembangbilo, Sugiharjo, dan Mondokan, ketiganya di Kecamatan Tuban. Hulu jalan lingkar ini pada Km 6-7 jalan Tuban-Babat. Persisnya di sekitar pertigaan Tunah. Sementara hilirnya di simpang jalan SMPN 4 Tuban.

(bj/tok/wid/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia