Minggu, 15 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Sportainment
Tunjuk Fabio Oliveira Menjadi Asisten Pelatih

Persela Perkuat Skuad Pelatih

22 Oktober 2019, 18: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

PERKUAT PELATIH: Fabio Oliveira mulai bertugas sebagai asisten pelatih Persela kemarin (21/10).

PERKUAT PELATIH: Fabio Oliveira mulai bertugas sebagai asisten pelatih Persela kemarin (21/10). (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan – Persela bergerak cepat berupaya lepas dari jerat degradasi. Upaya yang dilakukan tidak dengan memperkuat skuad pemain, namun memperkuat jajaran pelatih. Yakni dengan mengangkat Fabio Oliveira menjadi asisten pelatih. Sehingga Head Coach Persela Nil Maizar kini memiliki empat asisten pelatih. ’’Saya tambah staf coach, yaitu Fabio Oliveira. Hari ini (kemarin, Red) mulai bergabung,’’ tutur Nil kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (21/10).

Fabio bukan orang baru bagi pelatih 49 tahun itu. Asisten pelatih kelahiran Brasil itu pernah menjadi asistennya di timnas PSSI. Sehingga, Nil sudah mengenal karakter asisten barunya tersebut.

Pada latihan kemarin, Nil didampingi Fabio, Ragil Sudirman, dan Erick Ibrahim. Nil memastikan Didik masih menjadi bagian jajaran pelatih Persela. Namun, kini Didik izin mengikuti kursus kepelatihan A AFC di Jogjakarta. ’’Kita butuh orang-orang untuk komunikasi dan koordinasi,’’ ujar mantan pelatih Timnas 2012-2013 tersebut.

Fabio bukan wajah baru dipersepakbolaan Indonesia. Pria 46 tahun itu tercatat pernah menjadi asisten pelatih di PSM Makassar (2010-2011). Setahun berikutnya, Fabio menjadi pelatih Persija Jakarta (2012). Pelatih 46 tahun itu ditunjuk menjadi asisten pelatih Timnas PSSI (2012-2013).

Pelatih kelahiran 1973 itu juga pernah ditunjuk menjadi pelatih Persebaya (2013-2014), pelatih Persita Tangerang (2014-2015), pelatih Carsae FC Timor Leste (2015-2016), dan koordinator pelatih teknik Madura United (2017). ’’Tahun lalu saya menangani salah satu tim di Korea Selatan,’’ ucap Fabio.

Fabio mengaku selama ini mengikuti perkembangan Persela di kompetisi Liga 1. Menurut dia, poin antar tim kini cukup tipis. Sehingga, siapapun tim yang mampu meraih dua kemenangan beruntun, pasti posisinya naik cukup jauh.

Itu yang nantinya akan menjadi pekerjaan rumah (PR)-nya bersama jajaran pelatih Persela untuk bisa mengangkat performa tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut. Salah satunya memberikan kemenangan bagi Persela ketika menjamu Persebaya, Rabu (23/10).

’’Mudah-mudahan kedatangan saya ini bisa membawa dampak positif  untuk tim dan untuk pemain asing. Karena kita kan satu bahasa. Jadi kita bisa berkomunikasi lebih baik,’’ pungkas Fabio.

(bj/ind/feb/jar/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia