Jumat, 22 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Empat Kepala Dinas Bersaing Calon Sekda

Pekan Depan Penetapan Tiga Besar

12 Oktober 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

TES: Dari kiri Hanafi, Adie Witjaksono, Andik Sudjarwo, dan Nurul Azizah saat menjalani tes wawancara dan presentasi makalah kemarin (11/10).

TES: Dari kiri Hanafi, Adie Witjaksono, Andik Sudjarwo, dan Nurul Azizah saat menjalani tes wawancara dan presentasi makalah kemarin (11/10). (Istimewa)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Nurul Azizah, Andik Sudjarwo, Adie Witjaksono, dan Hanafi, saling guyon dan tersenyum sekitar pukul 17.00 kemarin (11/10). Menjelang petang itu, empat kandidat calon sekretaris daerah (sekda) keluar dari ruangan di lantai enam Pemkab Bojonegoro usai menjalani tes presentasi makalah dan wawancara.

Tes berlangsung maraton. Sejak pagi. Empat kandidat yang semua kepala dinas itu saling bergantian memasuki ruang tes. Siapa yang lolos tiga terbaik? Hingga tadi malam, belum ada kepastian. Sebab tim panitia seleksi (pansel) hingga tadi malam masih merekap nilai hasil seleksi kompetensi yang berlangsung kemarin (11/10).

Sesuai tahapannya, minggu depan sudah penetapan tiga terbaik dari empat calon sekda, tepatnya Senin (14/10). ’’Ini masih rekap untuk menentukan nilai akhir,’’ kata Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro M. Aan Syahbana.

Menurut dia, seleksi kompetensi hingga sore, sehingga hasil perolehan nilai masing-masing calon sekda belum bisa diketahui. Masing-masing pansel yang melakukan penilaian, belum direkap total.

Menurut Aan, sapaannya, hasil dari penilaian ini nantinya akan dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Setelah mendapatkan rekomendasi KASN, dikembalikan kepada tim pansel dan diserahkan kepada bupati untuk diajukan ke gubernur.

’’Jadi setelah nilai direkap, dikirim ke KASN,’’ tandas Aan.

Dia menambahkan, proses tes presentasi makalah dan wawancara berlangsung hangat, karena masing-masing calon memiliki gagasan luar biasa untuk mengatasi beberapa persoalan yang selama ini terjadi di internal pemkab.

Namun, hasil penilaian menjadi kewenangan pansel. Sehingga keputusan pansel tentang nilai calon sekda bersifat mutlak. ’’Penetapan sesuai tahapan,’’ tegas Ketua Pansel Sekda Bojonegoro Abimanyu Poncoatmojo.

Untuk rekpitulasi nilai masing-masing calon, meliputi penilaian asesmen 40 persen, rekam jejak 10 persen, makalah 20 persen, dan wawancara 30 persen.

(bj/msu/rij/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia