Kamis, 23 Jan 2020
radarbojonegoro
icon-featured
Tuban

Disterilkan, Lalin Lancar

11 Oktober 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

SEPI: Kondisi salah satu titik jalur pantura yang lengang karena pengalihan arus lalin selama Haul Akbar Ponpes Langitan, Widang.

SEPI: Kondisi salah satu titik jalur pantura yang lengang karena pengalihan arus lalin selama Haul Akbar Ponpes Langitan, Widang. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

PENGALIHAN kendaraan berat untuk menghindari acara Haul Akbar Ponpes Langitan, Widang, Tuban kemarin (10/10) terbukti ampuh. Tidak ada titik kemacetan di sepanjang jalan nasional di sekitar lokasi haul yang dihadiri belasan ribu jamaah tersebut. Pengosongan kendaraan berat tersebut menjadikan jalan nasional yang melintas di tengah kota juga terlihat lengang dibanding hari biasa.

Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko mengatakan, kelancaran arus lalu lintas (lalin) karena pengosongan kendaraan berat dari berbagai sisi. Kendaraan dari Tuban di simpang Pakah dialihkan ke utara menuju Kradenan, Palang dan melalui jalan Daendels. Begitu pula kendaraan dari Surabaya juga dialihkan ke Jalan Daendels dari Gresik. ‘’Kendaraan berat dari Surabaya juga diarahkan melewati jalur Bojonegoro,’’ jelasnya.

Mantan kapolsek Singgahan itu  menegaskan, kendaraan yang boleh melintas hanya mobil pribadi, kendaraan umum, mobil pengangkut bahan bakar minyak (BBM), dan roda dua. Selebihnya, seperti truk tronton atau trailer dilarang melintas. Jika pengemudi enggan memilih jalur alternatif, kendaraan berat tersebut bisa berhenti dan menunggu acara hingga selesai. ‘’Tidak ada penumpukan kendaraan, jadi tidak macet,’’ ungkap Totok.

Perwira berpangkat balok tiga di pundak itu mengatakan, pengamanan tersebut melibatkan petugas gabungan. Rinciannya, 270 personel polisi, 15 TNI, 15 personel dinas perhubungan (dishub), dan 15 personel satpol PP. Selebihnya memaksimalkan santri yang digandeng untuk pengamanan internal ponpes setempat. ‘’Alhamdulillah berjalan lancar, tanpa ada gangguan apa pun,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Totok menyampaikan, arus lalin rencananya dibuka pada Kamis (10/10) sekitar pukul 21.00 tadi malam. Seluruh kendaraan berat dari Tuban dan Surabaya bisa melintas setelah jamaah meninggalkan lokasi haul.

(bj/yud/ds/yan/min/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia