Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Peristiwa
Seminggu Ada Enam Kebakaran Lahan

Lahan Semak Belakang Kantor Damkar Terbakar

11 Oktober 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

PADAMKAN API: Petugas Damkar memadamkan kebakaraan di lahan kosong di jalan veteran.

PADAMKAN API: Petugas Damkar memadamkan kebakaraan di lahan kosong di jalan veteran. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Lahan semak-semak tak jauh dari Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro terbakar, kemarin (10/10). Petugas dengan sigap memadamkan api melahap lahan kosong di Jalan Veteran, Bojonegoro itu.   

Kejadian ini menambah daftar kebakaran lahan di awal bulan ini. Sejak 3 Oktober, sudah terjadi enam kebakaran lahan. Kebakaran ini akibat suhu udara selama dua pekan ini sangat panas. Suhu udara mencapai 40 derajat Celsius.

Suhu udara ekstrem ini menyebabkan api lebih cepat menyambar. “Kebakaran lahan itu memang ada selama sepekan ini, tapi bisa dibilang masih kecil luasannya,” kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Eko Susanto.

Ia menjelaskan, di wilayah Bojonegoro tidak ada titik panas atau hotspot. Biasanya titik panas itu di wilayah bertanah gambut. Sedangkan di Bojonegoro, jenis tanahnya didominasi gromusol dan litosol.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadaman Dinas Damkar Sukirno menerangkan, bahwa di Bojonegoro tidak ada titik panas. Namun, suhu udara cukup ekstrem itulah yang bisa membakar daun-daun kering.

Biasanya beberapa kejadian kebakaran juga disebabkan kelalaian orang lupa memastikan api benar-benar mati usai bakar sampah. “Jadi memang perlu lebih waspada ketika musim kemarau, sebelum meninggalkan lokasi bakar sampah harus dipastikan apinya benar-benar mati,” jelasnya.

“Sebagian besar kejadiannya ketika siang. Jadi ketika ada sumber api sedikit saja bisa cepat menyambar,” jelasnya.

(bj/gas/rij/yan/cho/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia