Jumat, 22 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Mengawal Proyek Pembangunan di Tuban

Dinas PRKP Konsisten Jalin Kerja Sama dengan TP4D

09 Oktober 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

KAWAL PEMBANGUNAN: Kepala Dinas PRKP Drs. Sudarmaji, MM. memaparkan kegiatan proyek dalam rapat koordinasi bersama TP4D Kejari Tuban.

KAWAL PEMBANGUNAN: Kepala Dinas PRKP Drs. Sudarmaji, MM. memaparkan kegiatan proyek dalam rapat koordinasi bersama TP4D Kejari Tuban. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Tuban konsisten menjalin kerja sama dengan Tim Pengawal Pengamanan Pe­merintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban dalam mengawal jalannya proyek pembangunan di Kabupaten Tuban. Termasuk pada tahun anggaran 2019 ini. Sejumlah proyek Infrastruktur dikawal TP4D.

Kepala Dinas PRKP Tuban Sudarmaji menegaskan permintaan pendampingan dari TP4D merupakan komitmen kerja yang bersih di lingkup instansinya. ‘’Alhamdulillah, dengan adanya pengawalan TP4D, pelaksanaan sejumlah proyek di dinas PRKP pada tahun lalu berjalan optimal. Sehingga, kita konsisten menjalin kerja sama pendampingan dengan TP4D,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Disampaikan Darmaji, pengajuan pendampingan TP4D merupakan bentuk kehati-hatian Dinas PRKP Tuban. Tujuannya, melakukan pendampingan selama pengerjaan proyek berlangsung. Khususnya dalam hal hukum. Se­hingga, seluruh proyek yang dikerjakan berjalan sesuai aturan dan tidak ada regulasi yang dilanggar. Baik karena tidak sengaja maupun sebagai upaya preventif untuk menangkal penyalahgunaan kewenangan.

PANTAU HASIL PEMBANGUNAN: Kepala Dinas PRKP Drs. Sudarmaji, MM. bersama jaksa TP4D memantau hasil pembangunan yang didampingi TP4D.

PANTAU HASIL PEMBANGUNAN: Kepala Dinas PRKP Drs. Sudarmaji, MM. bersama jaksa TP4D memantau hasil pembangunan yang didampingi TP4D. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

‘’Permintaan pendampingan TP4D kami lakukan agar proyek berjalan lancar tanpa pelanggaran yang berujung pada tindak pidana korupsi,’’ terang mantan Camat Plumpang itu.

Darmaji lebih lanjut mengatakan, pendampingan TP4D sangat penting untuk mengawal, mengamankan, dan mendukung keberhasilan pembangunan pemerintah daerah agar sesuai dengan aturan. Pasalnya, dengan adanya pendampingan dari penegak hukum, penyerapan anggaran dan eksekusi kegiatan bisa berjalan maksimal. Sebab, segala sesuatunya telah dikoordinasikan dengan penegak hukum. Sehingga, tidak ada keraguan bagi rekanan.

Setidaknya, dengan adanya pendampingan TP4D ini rekanan bisa bekerja secara tenang dan nyaman. Karena setiap mengambil keputusan atau eksekusi kegiatan bisa langsung koordinasikan dengan tim penegak hukum.

‘’Apakah sudah sesuai aturan apa belum? Melanggar hukum atau tidak? Sehingga rekanan tidak khawatir akan berurusan dengan hukum. Baik soal administrasi maupun ketidakpahaman aturan,’’ terang mantan kabag kesra setda itu.

Kasi Intel Kejari Tuban Nur Hadi mengapresiasi langkah dinas PRKP yang konsisten dalam menjalin kerja sama dengan TP4D dalam mengawal proyek di Pemkab Tuban. Dengan demikian, TP4D bisa melakukan pendampingan dan pengawasan selama proyek berlangsung. ‘’Pendampingan dan pengawasan kita lakukan untuk memastikan apa yang dikerjakan telah sesuai aturan. Tidak ada aturan yang dilanggar,’’ jelasnya.

Harapannya, proyek yang dikerjakan bisa berjalan optimal, tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran. ‘’TP4D melakukan pendampingan dan pengawasan dari sisi hukum. Jika dari sisi hukum tidak ada yang dilanggar, maka tidak usah ragu atau takut untuk melakukan penyerapan anggaran yang maksimal dan tepat waktu. TP4D meyakinkan rekanan untuk mela­kukan penyerapan anggaran secara cepat dan tepat,’’ tegas dia menjelaskan fungsi TP4D.

Nur Hadi menegaskan, pendampingan TP4D bukan untuk melindungi pelaksana proyek, tapi memastikan bahwa proyek yang dijalankan sesuai aturan. Tidak ada regulasi yang dilanggar. ‘’Kalau sudah didampingi dan diawasi, tapi masih saja melanggar, ya kita proses secara hukum. Bukan berarti dengan adanya pendampingan dari TP4D rekanan merasa terlindungi, sehingga bisa seenaknya,’’ tegas jaksa asal Nganjuk itu.

(bj/tok/ds/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia