Minggu, 20 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Pelantikan Kades Digelar Dua Kali

09 Oktober 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan - Pelantikan 385 kepala desa (kades) terpilih rencananya tidak serentak. Gelombang pertama pelantikan yang diperkirakan pertengahan bulan depan, itu diikuti 360 kades terpilih. Sisanya, 25 kades terpilih, dilantik setelah masa baktinya selesai.

Sebab, masa bakti 16 kades baru selesai akhir tahun ini. Serta sembilan kades masa baktinya selesai Januari tahun depan.

Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Lamongan, Abdul Khowi, menuturkan, sesuai tahapan, pelantikan kades dilakukan maksimal 30 hari dari penerimaan berita acara. Yakni, pelaporan dari camat ke bupati. Tahapan itu mulai minggu ketiga setelah pelaksanaan pilkades, 15 September lalu.

Dalam pelaksanaan, lanjut dia, ada tenggat waktu pelaporan maksimal. Karena itu, pelantikan rencananya dilakukan pertengahan bulan depan. “Rencana itu bisa maju dan bisa mundur (tanggalnya), tapi tetap dilaksanakan sesuai dengan tahapan,” ujarnya.

Menurut dia, meski ada pihak yang mengajukan keberatan keberatan, pelantikan tetap dilakukan sesuai tahapan. Calon menang atau kalah diberikan tenggat waktu seminggu untuk mengajukan keberatan paskapilkades. Setelah itu, kewenangannya PTUN. “Keberatan itu sah - sah saja, tapi ada batas waktunya,” katanya.

Menurut dia, sebagian calon yang kalah terus melakukan upaya. Dia berharap pelantikan bisa berjalan lancar sesuai rencana. Selama kades baru belum dilantik, pengelolaan desa diserahkan kepada pj.

(bj/rka/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia