Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Peringatan Hari Batik Nasional

Sepekan Pakai Batik

04 Oktober 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

CINTA BATIK: Ketua PKK Kabupaten Tuban Qodiryah Fathul Huda dalam kegiatan peringatan Hari Batik Nasional.

CINTA BATIK: Ketua PKK Kabupaten Tuban Qodiryah Fathul Huda dalam kegiatan peringatan Hari Batik Nasional. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Memperingati Hari Batik Nasional 2019, Pemkab Tuban mengeluarkan surat edaran (SE).  Isinya, mengharap kepada seluruh pegawai di lingkup Pemkab Tuban, pegawai BUMD/BUMN, instansi vertikal maupun pelajar se-Kabupaten Tuban untuk mengenakan seragam batik motif Tuban.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban Rohman Ubaid membenarkan SE Nomor 530/5232/414.108/2019 yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Wiyana tersebut. Disampaikan Ubaid, sapaan akrabnya, SE perihal pemakaian seragam batik itu merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional. Bahwa dengan pengukuhan United Nations Scientific Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya Indonesia, maka salah satu upaya untuk menjaga warisan budaya bangsa ini adalah dengan mengenakan busana batik.

Ubaid menyampaikan, imbauan untuk memakai batik berlangsung selama sepekan. Dimulai dari 2 Oktober yang merupakan Hari Batik Nasional hingga 9 Oktober. Tujuan SE tersebut, selain menjaga warisan budaya, juga menjaga industri batik di Tuban. Harapannya, penjualan batik di Bumi Wali terus meningkat, sehingga industri batik di Tuban terus berkembang.

(bj/tok/ds/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia