Minggu, 20 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Advertorial
Gerakan Cinta Batik di Lamongan

390 Pelajar Bersemangat Ikut Lomba Desain Batik

30 September 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

PEDULI BATIK : Bupati Fadeli bersama Ketua Dekranasda Makhdumah Fadeli dan Kadisperindag M. Zamroni serta Kadiskoperasi-UMKM Anang Taufik sedang meninjau pelajar peserta lomba desain Batik Lamongan.

PEDULI BATIK : Bupati Fadeli bersama Ketua Dekranasda Makhdumah Fadeli dan Kadisperindag M. Zamroni serta Kadiskoperasi-UMKM Anang Taufik sedang meninjau pelajar peserta lomba desain Batik Lamongan. (Istimewa)

Share this      

UPAYA melestarikan dan mengembangkan batik khas Lamongan terus digelorakan Pemkab Kota Soto. Tidak hanya mendorong perkembangan perajin dan usaha batik, namun juga memfasilitasi dan mendorong masyarakat cinta batik sejak dini. Hal itu ditunjukkan dengan lomba desain batik di kalangan pelajar kemarin (29/9). Kegiatan yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lamongan itu diikuti 390 pelajar dari seluruh kecamatan dan berlangsung di halaman Pandapa Lokatantra Pemkab Lamongan.

‘’Kegiatan ini untuk melestarikan batik Lamongan, sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Batik Nasional, 2 Oktober,’’ kata Ketua Dekranasda Lamongan, Ny Makhdumah Fadeli.

Menurut perempuan yang juga istri Bupati Lamongan, Fadeli tersebut, para peserta terdiri dari 44 siswa tingkat SD/MI, 208 siswa SMP/MTs, dan 137 siswa SMA sederajat. Masing-masing tingkatan sekolah akan dipilih 10 peserta terbaik dan akan menerima penghargaan. Para siswa juga diberi kesempatan ikut membatik secara langsung menggunakan canting yang disiapkan panitia. ‘’Tujuan utama kegiatan ini untuk menggali dan mendorong kreatifitas dan kecintaan para siswa Lamongan terhadap batik Lamongan,’’ terangnya.

KARYA SENI: Sebagian peserta menunjukkan desain batik Lamongan karyanya kepada Bupati Fadeli.

KARYA SENI: Sebagian peserta menunjukkan desain batik Lamongan karyanya kepada Bupati Fadeli. (Istimewa)

Kepala Disperindag Lamongan, M. Zamroni menambahkan, selain lomba batik tingkat pelajar, juga akan digelar lomba batik tingkat umum yang akan digelar hari ini (30/9). Kemudian seminar batik pada 3 Oktober 2019, dan lomba fashion batik tingkat pelajar maupun organisasi perangkat daerah (OPD). ‘’Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun untuk melestarikan batik Lamongan. Dan hasil lomba batik ini sudah semakin dikenal masyarakat. Seperti desain batik bandeng lele, singo mengkok, dan lainnya,’’ ujar dia.

Bupati Lamongan, Fadeli memberi apresiasi positif dan menyampaikan terima kasih kepada Dekranasda atas digelarnya lomba desain batik tersebut. Kegiatan itu sangat strategis menumbuhkan kecintaan dan kreatifitas masyarakat Lamongan sejak dini kepada seni batik sebagai budaya bangsa sendiri. ‘’Batik Lamongan sudah menjadi kebanggaan kita dan sudah banyak dipakai masyarakat. Hal itu menunjukkan Batik Lamongan mempunyai potensi industri yang cerah, khususnya di Sendang (Batik Sendang Paciran). Kegiatan seperti ini harus terus digelar dan dikembangkan,’’ tuturnya.

(bj/feb/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia