Minggu, 20 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Advertorial
MI Unggulan Sabilillah Lamongan

FLA Ajang Latih Mental dan Kemampuan Diri Siswa

20 September 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

METODE PEMBELAJARAN MIUS: FLA menjadi metode pembelajaran di MIUS  yang inovatif, menyenangkan, serta mengunakan alam sebagai sumber belajar.

METODE PEMBELAJARAN MIUS: FLA menjadi metode pembelajaran di MIUS yang inovatif, menyenangkan, serta mengunakan alam sebagai sumber belajar. (Istimewa)

Share this      

Penilaian Tengah Semester 1 (PTS) di MI Unggulan Sabilillah Lamongan  (MIUS)  diprogramkan dengan kegiatan Fun Learning Activities (FLA). Yakni, kegiatan penilaian tengah semester yang dikemas dengan berbagai kegiatan. Sehingga, kegiatan PTS bukan lagi menjadi momok buat anak – anak MIUS. Justru mereka senang dan sangat menunggu datangnya PTS.

Setelah beberapa hari yang lalu berkunjung ke PT Sosro Pabrik Mojokerto, Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam Surabaya, Rabu (18/9) kembali anak – anak mengikuti FLA.

Siswa kelas 2 mengikuti kegiatan FLA di Area Edukasi Fakultas Peternakan Unisla. Mereka diajarkan bagaimana cara merawat dan mengetahui berbagai macam hewan dengan tujuan menumbuhkan rasa cinta makhluk Allah.

BERFOTO BERSAMA: Anak – anak kelas 4 MIUS melakukan kunjungan ke Pacet Mini Park dalam kegiatan FLA.

BERFOTO BERSAMA: Anak – anak kelas 4 MIUS melakukan kunjungan ke Pacet Mini Park dalam kegiatan FLA. (Istimewa)

Sementara siswa kelas 3 MIUS berkunjung Masjid Agung Lamongan (MAL) dan Alun-Alun Kota Lamongan bersama Komunitas Reptil Lamongan.

Dipandu H Yunan, pengurus Takmir MAL, anak – anak MIUS mempelajari peninggalan sejarah MAL yang didirikan pada 1908. Juga penyebaran agama Islam masa lalu yang sangat menarik dipelajari.

Saat di taman Alun - Alun Lamongan, siswa MIUS tak hanya menikmati pemandangan. Mereka mempelajari karakter dan anatomi tubuh hewan khususnya reptil seperti iguana, ular phiton, salamander, dan biawak.

“Siswa siswi sangat antusias dan gembira saat kepulangannya. Mereka berkeliling Kota Lamongan dengan bus Tayo yang menyenangkan,’’ ujar Kepala MIUS, Novianti Agustina, SPsi, S.Pd

“Semoga kita diberi ilmu yang bermanfaat serta keberkahan dalam hidup,’’ harapnya.

Sedangkan 110 siswa kelas 4 MIUS diajak berkunjung ke Pacet Mini Park. Mereka didampingi pembimbing dari Mini Park.

Kegiatan diawali outbond education. Siswa belajar bagaimana cara disiplin, bekerja sama dan tanggung jawab. Mereka juga belajar bagaimana cara bercocok tanam, tanaman murbei.

‘’Saya sangat senang dengan kegiatan outbond ini karena bisa mengajarkan lebih mandiri dan kerja sama,’’ kata Luneta, salah satu siswi kelas 4 MIUS.

Kegiatan FLA di MIUS Lamongan memang dikemas secara menyenangkan, namun tetap edukatif. Belajar tidak harus selamanya di dalam kelas. Belajar juga bisa di luar kelas.

Sementara itu, 124 siswa kelas 6 MIUS bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan. Mereka mendapatkan materi seputar kebencanaan. Tujuannya, para siswa mengerti dan memahami adanya ancaman bencana alam.  ‘’Dengan harapan,  anak - anak mempunyai bekal ilmu tanggap bencana dan siap untuk selamat,’’ harapnya.

Kegiatan PTS 1 tahun ajaran 2019/2020  dengan sistem pembelajaran FLA di MIUS ditutup kemarin (19/9). Siswa  kelas 1   berkunjung ke kampung inspirasi di Lamongan. Tempat ini merupakan wisata edukasi yang berfokus pada kunjungan di bidang agrokompleks pertanian, perkebunan, dan peternakan. Anak – anak juga diajak outbond. Sehingga, dapat melatih intelegensi, fisik, mental agar siswa lebih mandiri, disiplin, percaya diri, dan berani menghadapi tantangan.

Novianti Agustina, SPsi, S.Pd mengatakan, seiring perkembangan zaman, guru dituntut mengapresiasikan kemampuan diri dalam mencari metode pembelajaran yang inovatif. Proses pembelajaran dengan metode FLA ini menunjukkan pendidikan tidak harus duduk di bangku sekolah atau ruang kelas. Namun, dapat menggunakan alam sebagai sumber belajar, pendidikan di rumah serta lingkungan sekitar. (mam)

(bj/*/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia