Minggu, 20 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Keluhuran Ajaran PSHT

Membuatnya Semakin Besar hingga Lintas Zaman

19 September 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

SELAMAT: Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon saat dikukuhkan  anggota kehormatan PSHT Cabang Tuban oleh Ketua Umum PSHT Pusat Madiun Drs. R. Moerdjoko H.W didampingi Ketua Cabang PSHT Tuban H. Lamidi, SP.

SELAMAT: Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon saat dikukuhkan anggota kehormatan PSHT Cabang Tuban oleh Ketua Umum PSHT Pusat Madiun Drs. R. Moerdjoko H.W didampingi Ketua Cabang PSHT Tuban H. Lamidi, SP. (ZAKKI TAMAMI/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

SELAMA matahari masih bersinar, selama bumi masih dihuni oleh manusia. Selama itu pula Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tetap jaya, kekal, abadi untuk selama-lamanya.

Itulah semboyan yang dipegang teguh seluruh warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) untuk menggelorakan pengesahaan warga baru 2019 di Gedung Graha Sandiya, Selasa (17/9) malam.

Acara tersebut sekaligus mengukuhkan Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon sebagai anggota kehormatan.

KHIDMAT DAN SUKSES: Ketua dan pengurus cabang PSHT bersama dewan pertimbangan, dewan pengesah dari Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Mojokerto, Cepu, Rembang, serta pelatih, pendamping serta calon warga b

KHIDMAT DAN SUKSES: Ketua dan pengurus cabang PSHT bersama dewan pertimbangan, dewan pengesah dari Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Mojokerto, Cepu, Rembang, serta pelatih, pendamping serta calon warga b (ZAKKI TAMAMI/JAWA POS RADAR TUBAN)

Adalah Ketua Umum PSHT Pusat Madiun Drs. R. Moerdjoko H.W didampingi Ketua Cabang PSHT Tuban H. Lamidi, SP yang mengukuhkan keduanya. Hadir pengurus PSHT Pusat Madiun, ketua dan pengurus cabang PSHT bersama dewan pertimbangan serta dewan pengesah dari Bojonegoro, Lamongan, Gresik, Mojokerto, Cepu, dan Rembang. Berikutnya pelatih, pendamping, serta ribuan calon warga baru.

Dalam kegiatan yang berlangsung khidmat tersebut tercatat 1.475 warga baru yang disahkan.  Rinciannya, gelombang pertama mengesahkan 770 warga baru. Sementara 705 warga baru disahkan pada gelombang kedua Jumat (20/9).

H. Lamidi, SP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Umum PSHT Pusat Madiun Drs. R. Moerdjoko H.W. Dia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolres Tuban dan Dandim 0811 Tuban yang bersedia dikukuhkan sebagai anggota kehormatan PSHT Cabang Tuban. ''Semoga kerja sama dan kemitraan dengan PSHT semakin lebih baik,'' kata dia.

Disampaikan Lamidi, salah satu pertimbangkan untuk mengukuhkan kedua anggota kehormatan tersebut karena mereka bekerja sama dan bermitra dengan PSHT Tuban. Kapolres dan dandim juga selalu melibatkan (PSHT) dalam mengamankan, mewujudkan keamanan, dan ketentraman. ‘’Mohon doa restu semoga SH Terate selalu diberi ketentraman dalam mengembangkan dan melestarikan SH Terate di Bumi Wali,’’ kata dia. 

Lamidi lebih lanjut menerangkan, PSHT Cabang Tuban memiliki anggota lebih dari 30 ribu warga yang tersebar pada 19 ranting, 2 komisariat, dan lebih dari 180 rayon. PSHT Cabang Tuban juga sukses mengantar sejumlah anak didiknya berprestasi tingkat regional hingga nasional.

Warga PSHT, menurut pegawai dinas pertanian dan ketahanan pangan setempat ini, dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan lainnya. Namun, perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk menjadi persaudaraan. ''Keberagaman ini justru membesarkan dan menguatkan PSHT hingga berusia seratus tahun pada 2021. Keluhuran ajaran PSHT juga membuatnya semakin besar hingga lintas zaman,’’ kata dia.

AKBP Nanang Haryono menegaskan, suatu penghargaan yang luar biasa bagi dirinya yang dikukuhkan sebagai warga kehormatan. ‘’Saya selaku Kapolres Tuban mengucapkan terima kasih yang paling dalam, mulai jajaran paling bawah sampai kepada ketua umum pusat Madiun. Sehingga kami, khususnya saya dan Pak Dandim menjadi anggota kehormatan,’’ tegasnya.

Disampaikan Nanang, pemberian anggota kehormatan tidak serta-merta. Namun, melalui prosedur, mekanisme, dan aturan yang berlaku. Karena itu, dia berjanji siap mengikuti proses latihan secara kontinu.

Harapannya, ajaran PSHT bisa dirasakan. Menurut dia, pencak silat merupakan salah satu ajaran dari Persaudaraan Setia Hati terate. Salah satu tujuanya untuk mempertahankan diri, menjaga kehormatan, keselamatan, kebahagiaan, dan kebenaran. ‘’Janganlah kita menjadi penyerang,’’ pesan perwira berpangkat melati dua ini. 

Nanang juga mengajak seluruh keluarga besar PSHT untuk menciptakan situasi kondusif di Tuban. Saling menjaga dan taat hukum.

Ketua Umum PSHT Pusat Madiun Drs. R. Moerdjoko H.W dalam sambutannya mengucapkan selamat dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada ketua cabang beserta seluruh jajaran dan dewan pertimbangan cabang. Dia berpesan kepada warga baru untuk benar-benar menjaga harkat, martabat, nama baik, dan kehormatan PSHT.

Dengan bertambahnya jumlah warga baru, maka Tuban semakin kondusif, aman, tentram, damai, dan sejahtera. ''Semoga mendapatkan rahmat, rida, dan berkah dari Allah SWT dan menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara,'' ujar dia yang kemudian mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolres Tuban dan Dandim 0811 Tuban atas ketulusan dan keihklasan bersedia menjadi warga kehormatan SH Terate Tuban.

Dia juga berpesan agar seluruh warga tetap memperkuat watak jiwa patriotisme cinta tanah air bangsa dan negara. Disamping ajaran, didikan budi luhur berupa kegiatan ritual dalam pengesahan warga. Menurut  Moerdjoko, warisan pendiri dan budaya bangsa yang sangat luhur ini wajib dijaga dan dilestarikan. ‘’Kita juga harus dapat menjiwai dan meresapi, mengaktualisasikan ikrar kesetiaan terhadap bangsa dan negara dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,’’ tegasnya

Ikrar kesetiaan keluarga besar PSHT kepada bangsa dan negara adalah apabila Pancasila, Undang-Undang 1945, Bhineka Tunggal Ika, negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diusik, maka seluruh pendekar PSHT akan berjuang mempertahankan sampai titik darah penghabisan.

Dia juga berharap untuk terus menegakkan marwah, ajaran, tradisi dan aturan PSHT secara baik dan benar. Menjunjung tinggi rasa persaudaraan yang tumbuh dari hati ke hati, tulus, dan ihlas.

Persaudaraan yang tak membedakan latar belakang masing-masing. Saling menghormati dan menyayangi. Bersama-sama saling bertanggung jawab.

Moerdjoko juga berharap situasi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga. Masyarakat merasa terlindungi. Tidak merasa takut dan justru dengan kehadiran SH Terate sangat ditunggu oleh masyarakat. ''Pengesahan ini sedikit banyak meningkatkan ekonomi kerakyatan di Tuban dan sekitarnya. Karena itu kegiatan PSHT ini harus lebih ditingkatkan,'' tegas dia.

(bj/zak/ds/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia