Senin, 27 Jan 2020
radarbojonegoro
icon-featured
Lamongan
Hari Ini Pemilihan Kades Serentak di Lamongan

Caleg Gagal Adu Nasib Lagi

15 September 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

PERSIAPAN AKHIR: Panitia Pilkades Karanglangit, Kecamatan Lamongan menyiapkan meja dan kursi yang pagi ini diduduki para calon kades. Mereka bakal dipilih warga desa setempat. Pilkades di Lamongan digelar serentak, 385 desa.

PERSIAPAN AKHIR: Panitia Pilkades Karanglangit, Kecamatan Lamongan menyiapkan meja dan kursi yang pagi ini diduduki para calon kades. Mereka bakal dipilih warga desa setempat. Pilkades di Lamongan digelar serentak, 385 desa. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan - Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Lamongan dilaksanakan hari ini (15/9). Sebanyak 897 calon akan bertarung memperebutkan posisi kepala desa di 385 desa. Satu desa, minimal diperebutkan dua calon dan maksimal lima calon.

Para calon itu berasal dari latar belakang berbeda. Ada lulusan sarjana, purnawiranan TNI/Polri, PNS, bahkan mantan calon legislatif (caleg) yang gagal. Camat Babat Mulkan, mengatakan, ada mantan anggota DPRD yang maju pilkades tahun ini. Mantan wakil rakyat itu maju setelah gagal terpilih lagi pada pencalegannya di pileg DPRD lalu.

“Asal memenuhi syarat, siapapun bisa maju, penantangnya mantan kades,” katanya.

Sarmadi, calon kades Puncakwangi Babat mengaku pencalonannya merupakan dorongan masyarakat. Meski bukan warga asli, dia tetap optimistis pada pilkades dengan 1.617 jiwa daftar pemilih tetap (DPT) itu.

Dia sudah tinggal di desa tersebut sejak 2006. “Kalau saya bisa dikatakan pendatang karena tidak ada keluarga, tapi tetap yakin dan Insya Allah bisa menang,” ujar mantan anggota DPRD periode 2014 - 2019 itu.

Di Desa Karanglangit, Kecamatan Lamongan, juga salah satu calon yang pernah maju pada pemilihan legislatif tahun ini. Dia gagal dan melirik panggung pilkades.

Ketua Panitia Pilkades setempat, Abd Rohman, mengakui adanya salah satu calon mantan caleg. Dia bertarung dengan mantan kades dan dua calon baru.

‘’Jumlah DPT di sini ada 2.224 jiwa dengan dua dusun. Persiapannya sudah 90 persen dan insya Allah aman,” tuturnya.

Kabag Pemdes Lamongan, Abdul Khowi, menuturkan, pilkades bisa diikuti siapapun yang memenuhi syarat. Tidak ada pengecualian. Asalkan, tidak tersandung kasus hukum. Dia berharap pilkades hari ini berjalan lancar. (rka/yan)

(bj/rka/yan/jar/min/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia