Rabu, 29 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Sport

Latihan Fokus di Nomor Recurve

14 September 2019, 17: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

MINIM ATLET: Para atlet panahan Lamongan tetap berlatih meski tidak ada agenda turnamen.

MINIM ATLET: Para atlet panahan Lamongan tetap berlatih meski tidak ada agenda turnamen. (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan – Gemblengan atlet panahan Lamongan lebih fokus di nomor recurve.  Pasalnya, peluang pemanah Kota Soto untuk menjadi juara dalam turnamen-turnamen yang ada, lebih banyak di nomor tersebut. Selain itu dari segi alat, busur jenis recurve mudah didapat dan terjangkau, daripada busur yang digunakan untuk nomor compound.

’’Kemampuan atlet juga lebih condong ke nomor recurve. Terbukti tiga medali yang didapat saat porprov (pekan olahraga provinsi) kemarin di nomor recurve juga,’’ kata Asisten Pelatih Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Lamongan Nanang kemarin (13/9).

Dia menambahkan, materi yang dipelajari atletnya dalam beberapa minggu terakhir ini masih berkutat pada penguasaan teknik dasar. Seperti menembak atau melesatkan anak panah jenis tertentu dengan jarak 10 meter, set-up atau menoleh ke arah target dan menarik string, serta membidik sasaran dengan tepat. ’’Selain itu, latihan juga dikombinasikan dengan latihan fisik untuk melatih kekuatan otot tangan dan bahu,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Lamongan.

Nanang mengungkapkan, jumlah atlet yang saat ini berlatih dengan Perpani Lamongan hanya 12 orang. Pasalnya, di Lamongan hanya ada dua klub panahan dan masih sedikit sekolah-sekolah yang mengadakan ekstrakurikuler panahan. Sehingga masih kekurangan atlet.

’’Klub adanya di Kembangbahu dan Mantup. Rata-rata kita dapat atlet dari kegiatan ekstrakurikuler. Untuk cari atlet sendiri juga sulit, karena kurang peminatnya. Banyak yang menganggap panahan olahraga mahal,’’ ungkapnya.

Hingga saat ini, tambah dia, Perpani Lamongan tetap menggelar latihan seminggu tiga kali. Karena belum memiliki agenda turnamen atau sparing dalam waktu dekat ini.

(bj/din/feb/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia