Kamis, 19 Sep 2019
radarbojonegoro
icon featured
Sport

Genjot Latihan Three Position dan Multirange

10 September 2019, 20: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

TEKUN BERLATIH: Atlet menembak junior, Tuhfah Sausan Julizhta, tengah berlatih membidik dan menembak sasaran.

TEKUN BERLATIH: Atlet menembak junior, Tuhfah Sausan Julizhta, tengah berlatih membidik dan menembak sasaran. (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

SUGIO, Radar Lamongan – Lima atlet menembak asal Lamongan sedang mempersiapkan diri mengikuti turnamen menembak terbuka yang bertajuk Silver League Seri 1 di Magetan pada 14 dan 15 September mendatang. Dua di antaranya atlet junior, yakni Tuhfah Sausan Julizhta dan Muhammad Rozikin. Sedangkan lainnya tiga atlet senior sekaligus merangkap sebagai pelatih. ’’Turnamen yang kian dekat, membuat mereka harus latihan setiap hari di lapangan terbuka usai pulang sekolah,’’ kata Pelatih Menembak Lamongan Mohammad Syaiful kemarin (9/9).

Dia mengatakan, dalam kejuaraan tersebut para atlet akan bertanding di empat kelas three position dan multirange. Yakni, three position 17 meter, 27 meter, 33 meter, dan 41 meter metal silhouette scope (pompa), serta multirange. ’’Peserta harus bisa menembak jatuh siluet-siluet binatang seperti ayam, kalkun, dan babi dengan tiga posisi. Poin setiap sasaran yang jatuh nilainya sepuluh,’’ jelasnya kepada Jawa Pos Radar Lamongan.

Menurut pelatih menembak lisensi C tingkat nasional ini, selain berlatih teknik agar bisa membidik dan menjatuhkan sasaran dengan tepat, juga diterapkan latihan fisik yang tidak jauh berbeda dengan olahraga lainnya. Namun latihan fisik ini lebih ditekankan untuk mengasah kekuatan tangan, pernapasan, dan kekuatan kaki. Sebab, saat bertanding penembak harus memegang senjata seberat 6,8 kilogram (kg) dengan tiga posisi. Yakni tengkurap, jongkok, dan berdiri. ’’Menembak tidak sama dengan olahraga lain yang menggunakan semua sisi bagian tubuh,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, hingga tiga bulan ke depan, pihaknya telah memiliki agenda mengikuti kejuaraan setiap bulan bagi atlet sebagai sarana tryout. ’’Rencananya, Desember nanti Lamongan juga akan didapuk menjadi tuan rumah kejuaraan menembak terbuka,’’ ungkapnya.

(bj/din/feb/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia