Kamis, 19 Sep 2019
radarbojonegoro
icon featured
Features
Anggota Polres Lamongan yang Juarai MTQ

Rekaman untuk Lomba Tingkat Nasional

Oleh: M. GAMAL AYATOLLAH

10 September 2019, 15: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

SUARANYA ENAK DIDENGAR: Bripda Nur Hamidah, anggota Polres Lamongan yang menjuarai MTQ tingkat Polda Jatim.

SUARANYA ENAK DIDENGAR: Bripda Nur Hamidah, anggota Polres Lamongan yang menjuarai MTQ tingkat Polda Jatim. (M. GAMAL AYATOLLAH/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

SELAIN bertugas harian di Mapolres Lamongan, Bripda Nur Hamidah memiliki kelebihan membaca Alquran. Dia sering menjadi dutanya polres untuk lomba MTQ.

Senyum mengembang dari wajah Bripda Nur Hamidah. Polwan di Polres Lamongan itu dikenal ramah. Dia sering membantu mereka yang ingin mengurus bebas narkoba di mapolres setempat.

Di balik kesibukannya berdinas di satreskoba, Nur Hamidah sering memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca Alquran. Suaranya dalam melantunkan ayat – ayat suci itu enak didengar.

Kemampuannya itu menjadikan dia sering mewakili Polres Lamongan bila ada lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Bahkan, Nur Hamidah beberapa waktu lalu mampu menjuarai lomba MTQ tingkat Polda Jatim.

‘’Kalau saya sih, sejak SD tahun 2006 lalu sudah belajar dengan orang tua caranya membaca (Alquran) agar enak didengar,’’ tutur ibu satu anak ini.

Nur Hamidah mengingat awal ketertarikannya menjadi qariah. Suatu sore, dirinya mendengar suara orang tuanya membaca Alquran. Dia ingin bisa meniru. Nur Hamidah kemudian belajar kepada ibunya.

Setelah masuk di SMP, dia tidak meninggalkan kebiasannya membaca Alquran. Juga saat di bangku SMA. Nur Hamidah sering mengikuti perlombaan di Lamongan dan sejumlah daerah. Bahkan, saat SMA, dia sering diundang ke acara pernikahan atau lainnya untuk menjadi pembaca Alquran.

‘’Tingkat nasional belum pernah. Hanya kemarin tingkat jajaran polres di Polda Jawa Timur mendapatkan juara 1,’’ ujarnya.

Dia senang membaca surat Al – Imron ayat 102 – 105. Surat itu juga dibacanya saat lomba MTQ tingkat Polda. Melantunkan surat itu secara baik dan enak didengar sudah dilakukannya sejak duduk di bangku SMA.

Namun, tetap saja ada nervous saat tampil di lomba yang diikuti 45 peserta dari jajaran Polres Se-Jawa Timur tersebut. Nur Hamidah mencoba tenang dan santai. Saat tampil, dia mengganggap semua yang ada di arena lomba sudah dikenalnya.  

‘’Kemarin sudah rekaman di Polda Jatim Mas untuk dikirim ke Mabes Polri. Dilombakan lagi, tinggal menunggu pengumuman,’’ tuturnya.

Di lingkup Polres Lamongan, Nur Hamidah juga sering ditugasi atasannya untuk membaca Alquran saat ada acara keagamaan atau lainnya. ‘’Sekarang maunya pada saat acara kantor saja. Selain itu, sudah menolak,’’ tuturnya.

Ke depan, dia ingin lebih mendalami ilmu qariah dengan mencari pembimbing.

(bj/mal/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia