Jumat, 22 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Sebelumnya Tak Pernah Kekeringan

Warga Desa Sobontoro Mulai Kekurangan Air

10 September 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

TERDAMPAK: Kasmidi warga Desa Sobontoro saat mengambil air dari sumur di tengah sawah. Warga mulai kekurangan air bersih.

TERDAMPAK: Kasmidi warga Desa Sobontoro saat mengambil air dari sumur di tengah sawah. Warga mulai kekurangan air bersih. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Kekeringan di musim kemarau tahun ini dirasakan dampaknya oleh warga Desa Sobontoro, Kecamatan Balen. Desa yang tahun-tahun sebelumnya nyaris tidak pernah mengalami kekurangan air bersih.

Namun, sepekan ini air di sumur-sumur milik warga sudah sulit disedot menggunakan jetpump. Untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa mengambil dari sumur besar yang berada di tengah persawahan.

Pantauan Jawa Pos Radar Bojonegoro kemarin (9/9), warga mengambil air pada siang dan sore dari sumur yang berada di bawah pohon besar. Warga menimba air dan mengangkatnya menuju rumah.

Menurut salah satu warga, Kasmidi, 53, saat ditemui mengatakan, menipisnya air sumur di rumah-rumah warga terjadi sekitar sepekan ini. Kalau pun masih keluar air, hanya cukup untuk kebutuhan masak dan minum.

’’Air di beberapa RT warga sini sudah semingguan ini mulai menipis. Jadi banyak warga saat pagi dan sore pada mengambil air di sumur ini,’’ jelas pria juga anggota Koramil Sukosewu ini.

Sementara itu, hingga kemarin bantuan permintaan air bersih di 41 desa tersebar di 17 kecamatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro sudah menyalurkan air bersih sejak 23 Juli lalu hingga kemarin, sebanyak 439 rit air bersih.

(bj/cho/rij/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia