Kamis, 19 Sep 2019
radarbojonegoro
icon featured
Sport

150 Karateka Ikuti Latihan Bersama

09 September 2019, 18: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

LATIHAN BERSAMA: Sebanyak 150 karateka melakukan latihan bersama di Lapangan Batalyon Zeni Tempur 5 Babat kemarin (8/9).

LATIHAN BERSAMA: Sebanyak 150 karateka melakukan latihan bersama di Lapangan Batalyon Zeni Tempur 5 Babat kemarin (8/9). (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

BABAT, Radar Lamongan – Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kabupaten Lamongan mengadakan latihan bersama kemarin (8/9). Kegiatan itu diikuti 150 karateka junior dari Kecamatan Babat, Modo, dan Kedungpring, di Lapangan Batalyon Zeni Tempur 5. Mereka dibatasi mulai usia dini hingga U-21. Sebanyak delapan pelatih menggembleng mereka  dengan materi empat teknik dasar karate agar mereka dapat mempraktikkan gerakan-gerakan dengan benar.

’’Latihan bersama ini berlangsung selama delapan jam. Banyak atlet-atlet yang baru bergabung. Sehingga perlu latihan bersama agar mereka lebih serius mempelajari teknik-teknik dasar kihon yang benar. Sekaligus untuk pembinaan mental karateka,’’ kata pelatih FORKI Lamongan Hariono.

Dia menjelaskan, pemantapan gerakan teknik dasar kihon berguna untuk pembentukan teknik kata (pola) dan kumite (pertemuan tangan). Sehingga ada empat jenis gerakan yang harus dikuasai dan dipraktikkan dengan benar oleh karateka. Yakni pukulan, tangkisan, kuda-kuda, dan tendangan. Menurut Hariono, gerakan pukulan dan tangkisan yang dipelajari harus tepat dan tidak asal-asalan. Sebab tidak semua gerakan tersebut bisa memperoleh poin. Sedangkan jika gerakan kuda-kuda kurang tepat, dapat berpengaruh pada pertahanan tubuh saat menghadapi lawan. ’’Untuk teknik kata, jika kuda-kudanya goyang sedikit sudah masuk pengurangan nilai. Sedangkan teknik kumite jika kuda-kuda tidak kukuh bisa memperlemah pertahanan,’’ jelasnya.

Hariono juga menambahkan, dalam mempelajari teknik tendangan juga harus tepat. Terutama untuk tendangan yang mengarah ke kepala akan mendapat tiga poin jika tepat. ’’Latihan ini juga sebagai sarana penjaringan atlet untuk mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) karate bulan depan di Jombang,’’ ungkapnya.

(bj/din/feb/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia