Selasa, 10 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Panen Bagus, Diminati hingga Jakarta Semarang

04 September 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

KUALITAS: Warga di Kecamatan Kedungadem ketika menata panenan bawang merah. Kualitas bagus musim kemarau ini hingga diminati pasar Semarang dan Jakarta.

KUALITAS: Warga di Kecamatan Kedungadem ketika menata panenan bawang merah. Kualitas bagus musim kemarau ini hingga diminati pasar Semarang dan Jakarta. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Musim kemarau justru menjadi berkah bagi petani bawang merah di Kecamatan Kedungadem dan Sumberrejo. Hasil panenan yang kualitasnya lebih baik dibanding musim penghujan.

Menurut Yuni, petani asal Desa Samberan, Kecamatan Kedungadem mengatakan, memiliki tanaman bawang merah dan hasil panen saat ini meningkat serta bagus. Dia bersama bapaknya, Wito, 41, selain menjadi petani sendiri, juga pengepul bawang merah dari para petani lain.

Dia memanen jenis bawang merah Thailand dan Bauji. Jenis Thailand bentuk bawangnya lebih bulat, sementara Bauji lebih memanjang. Yuni dan keluarganya menjual bawang merah ke pembeli di Surabaya, Mojokerto, Tuban, Semarang, hingga Jakarta. Bahkan, bawang merah yang dia peroleh dari menebas tersebut tiap dua hari 5-6 ton sekali kirim ke pasaran luar kota.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Bojonegoro Zaenal Fanani mengatakan, musim kemarau cukup berpengaruh pada sejumlah komoditas pertanian. Salah satunya bawang merah. Sebab, kontur tanah kering kekurangan suplai air. Sehingga berpengaruh giat penanaman para petani.

’’Setidaknya ada 32.732 hektare sawah tidak tertanami pada masa tanam kedua ini,’’ jelasnya.

Menurut dia, hal ini juga berpengaruh pada komoditas bawang merah. Sehingga para petani harus jeli menanggapi kondisi ini. Sebab, kekeringan telah menjadi musibah langganan selain banjir. ’’Untuk tetap subur, harus ada cukup air dan pupuk organik,’’ jelasnya.

(bj/dny/rij/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia