Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Berharap Kenaikan Tunjangan Honorer

01 September 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro – Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro sudah memastikan kenaikan tunjangan kinerja honorer. Namun, besarannya belum diumumkan.

‘’Masih belum ditetapkan (dalam paripurna, Red). Setelah ditetapkan akan kita umumkan,’’ kata Kabid Ketenagaan Disdik Bojonegoro Aunur Rofiq kemarin (31/8).

Perlu diketahui, kenaikan tunjangan kinerja honorer ditetapkan pada APBD perubahan. Tujuannya, untuk meningkatkan kinerja honorer. Dengan kenaikan tersebut diharapkan mereka lebih bersemangat dalam menjalankan tugas.

Selama ini, disdik memberikan perhatian lebih pada honorer. Bahkan, kenaikan besaran tunjangan tidak hanya kali ini. Januari lalu, honor pegawai non-PNS itu juga naik. Dari Rp 750 ribu menjadi Rp  1 juta per bulan. Itu untuk honorer K-2. Yang non K-2 dari Rp 500 ribu menjadi Rp 650 ribu per bulan.

Pencairan tunjangan honorer K-2 setiap dua bulan sekali. Itu yang tercepat. Sebab, disdik tidak bisa mencairkan sebulan sekali. Terganjal proses administrasi.

Jumlah honorer di Bojonegoro tercatat sekitar 4 ribu orang. Terdiri dari guru, tenaga kependidikan, dan tenaga medis. Dari jumah tersebut, sekitar seribu lebih adalah honorer K-2. ‘’Sisanya, honorer yang bukan K-2,’’ terang Rofiq.

Sementara itu, hingga kini tunjangan belum cair. Pencairan diagendakan secepatnya. ‘’September cair. Setelah tanggal 2 kita proses,’’ tegas mantan kepala UPT Disdik Dander itu.

Ketua Forum Honorer K-2 Bojonegoro Arif Ida Rifai berharap disdik segera mencairkan tunjangan tersebut. Sebab, sudah terlalu lama honorer menunggu. ‘’Pencairan selalu telat. Kami harap tidak telat terus,’’ ujar pendidik SDN Banjarjo, Kecamatan Padangan itu.

Arif menjelaskan, selama ini honorer hanya mengandalkan tunjangan. Besaran honor dari sekolah pun jumlahnya tidak besar. Karena itulah, meski kecil pencairan tunjangan tetap dinanti. ‘’Kami juga berterima kasih atas rencana kenaikan tunjangan itu,’’ ujarnya.

(bj/zim/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia