Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Terminal Kereta Barang Akan Dibangun di Stasiun Cepu

31 Agustus 2019, 11: 25: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

SIAP DIBANGUN : Bupati Djoko Nugroho (topi putih) saat melakukan pertemuan dengan pejabat PT KAI Semarang di Stasiun Cepu kemarin (30/8). Salah satu topik pembicaraan, tentang pembangunan terminal kereta barang.

SIAP DIBANGUN : Bupati Djoko Nugroho (topi putih) saat melakukan pertemuan dengan pejabat PT KAI Semarang di Stasiun Cepu kemarin (30/8). Salah satu topik pembicaraan, tentang pembangunan terminal kereta barang. (MAHFUDZ MUNTAHA/JAWA POS RADAR BLORA)

Share this      

CEPU, Radar Bojonegoro - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) berencana akan membangun terminal kereta barang. Rencana ini dibarengkan dengan rencana pembangunan Stasiun Cepu tahun depan.

Direktur PT.KAI Daop 4 Semarang, Muhammad Nurul Huda mengatakan, pembangunan Stasiun Cepu bukan hanya pengembangan stasiun penumpang. Tapi ada kemungkinan pembangunan terminal angkutan kereta barang. Pasalnya, banyak potensi angkutan barang di Blora dan sekitarnya. ''Seperti jasa pengiriman barang, pengiriman kayu Perhutani, pengiriman produk migas dan Semen Indonesia Rembang,'' jelasnya saat melakukan pertemuan dengan Bupati Blora, Djoko Nugroho kemarin (30/8).

Menurut dia, rencana pengembangan Stasiun Cepu diantaranya perluasan dan penataan lokasi parkir inap stasiun, perbaikan peron, dan penambahan sejumlah fasilitas penunjang lainnya. ''Pengembangan stasiun direncanakan mulai tahun 2020,'' ungkapnya.

Dia menyatakan, dalam tahap pengembangan stasiun Cepu ini, pihak PT. KAI meminta bantuan Pemkab Blora tentang masalah perizinan. ''Jika Pemkab bisa mendukung perizinannya maka bisa kami percepat mulai akhir 2019 ini,'' ujarnya.

Sehingga, tambah dia, dengan adanya pengembangan stasiun, diharapkan penumpang semakin nyaman bepergian menggunakan kereta api. ''Pertengahan September nanti, Pak Dirut PT KAI akan datang ke Cepu. Monggo kita agendakan pertemuan bersama, nanti bisa lebih dimatangkan lagi kerjasamanya,'' papar dia.

Bupati Djoko Nugroho mengajak PT.KAI bekerjasama dengan Pemkab Blora. Pemkab akan membantu semua perizinan dan penataan akses jalan pengembangan Stasiun Cepu. ''Serta pembangunan terminal angkut kereta barang nya PT. KAI,'' tuturnya. 

Namun sebelum itu, bupati juga menyinggung pengajuan permohonan bantuan loko uap ke PT. KAI. Namun tidak ada respon KA. Loko uap itu akan dipasang sebagai salah satu ikon taman tematik di Taman Seribu Lampu. ‘’Namun hingga saat ini belum mendapatkan respon,’’ tukasnya.

(bj/fud/feb/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia