Kamis, 23 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Sportainment
Krisis Stoper, Siapkan Evander

Persela Menatap Laga Terakhir Putaran I Melawan PSM

27 Agustus 2019, 10: 55: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

PEMBUKTIAN : Evander (pakai rompi) saat latihan di Stadion Surajaya. Pemain belakang itu berpeluang dimainkan saat Persela melawan PSM Minggu (1/9) mendatang, karena krisis stoper.

PEMBUKTIAN : Evander (pakai rompi) saat latihan di Stadion Surajaya. Pemain belakang itu berpeluang dimainkan saat Persela melawan PSM Minggu (1/9) mendatang, karena krisis stoper. (ANJAR DWI PRADIPTA/RDR.LMG)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan – Mental skuad Persela terangkat setelah membungkam PS Tira Persikabo (Tira Kabo) dengan skor 6-1, Minggu (25/8) malam. Tapi Laskar Joko Tingkir dipastikan krisis stoper di laga berikutnya. Yakni ketika menantang tuan rumah PSM Makassar, Minggu (1/9). Sebab Mawouna Kodjo Amevour (Maka) masih dibekap cedera. Sedangkan, M. Zaenuri terkena akumulasi kartu sehingga harus absen di laga terakhir putaran pertama tersebut. 

’’Maka masih sakit dan Zaenuri memang tidak bisa bermain di Makassar,’’ tutur Head Coach Persela Nil Maizar kepada Jawa Pos Radar Lamongan kemarin (26/8).

Pelatih 49 tahun itu tak memiliki banyak pilihan pemain untuk posisi itu. Hanya tersisa Arif Satria dan Evander Philip Yarangga, yang kemungkinan besar akan diduetkan melawan Ayam Kinantan-julukan PSM. Duet itu cukup meragukan. Sebab Evander masih minim pengalaman. Stoper asal Papua itu baru bermain lima menit ketika lawan Tira Kabo. Kondisi ini tentunya cukup berat bagi Persela, yang mengincar poin di kandang PSM Makassar. 

’’Sebagai alternatif, kita coba Evander di lima menit awal. Siapa tahu dia ada kemampuan, ada experience (pengalaman) ketika dicoba nanti di Makassar. Tapi situasinya belum pasti,’’ ujar pelatih kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) tersebut. 

Nil menginginkan permainan anak asuhnya saat melawan Tira Kabo bisa ditransformasikan ketika menghadapi PSM nanti. Menurut dia, kunci kemenangan Persela, karena anak asuhnya mampu menjalankan instruksi dengan cukup baik. 

Misalnya Lucky Wahyu yang ditugasi mengawal ketat Ciro Alves. Sepanjang 90 menit pertandingan, Lucky sukses menjalankan tugasnya dengan mematikan pergerakan key player Tira Kabo tersebut. Sedangkan, lini depan mampu tampil impresif dan memaksimalkan peluang yang didapat. 

’’Pemain mampu tampil spartan sesuai instruksi. Mudah-mudahan ini bisa menjadi pakem mereka,’’ tukasnya. 

Sementara itu, Manajer Persela Edy Yunan Achmadi berharap penggawa Persela tidak jemawa atas kemenangan di kandang sebelumnya. Dia berharap, seluruh pemain mampu mempertahankan semangat dan konsistensi. Sehingga mampu mencuri poin di laga selanjutnya. 

’’Saya harap pemain jangan terlalu jemawa, tetap rendah hati dan tidak sombong,’’ imbuhnya. 

Namun, skuad biru muda harus bekerja ekstra untuk bisa mencuri poin di kandang Juku Eja – julukan PSM. Meski hanya menempati papan tengah, namun PSM memiliki materi pemain yang mengilap. Di antaranya Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun, Wiljan Pluim, dan Marc Klok. 

’’Tentu pelatih memiliki cara untuk meredam tuan rumah. Secara teknis kita serahkan kepada jajaran pelatih,’’ ucap pria juga menjabat Kabag Pembangunan Pemkab Lamongan tersebut. 

Di putaran pertama ini, Persela belum sekalipun merasakan tiga poin di luar kandang. Persela baru memiliki modal mencuri satu poin di dua laga away. Yakni saat mencuri satu poin di kandang Barito Putera dan PSS Sleman.

’’Kita harap pemain mampu memberikan hasil manis di laga terakhir putaran pertama ini,’’ ujarnya. 

Persela kini masih terseok-seok di papan bawah. Yunan menginginkan itu menjadi motivasi bagi pemain Persela, untuk bisa konsisten mendapatkan poin. Sebab persaingan Liga 1 musim ini sulit diprediksi. Semua tim memiliki peluang yang sama meraih poin di kandang dan di luar kandang. 

’’Harus menumbuhkan semangat untuk mengangkat performa Persela di klasemen,’’ pungkasnya.

(bj/jar/ind/feb/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia