Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Anggota DPRD Perempuan Menurun

27 Agustus 2019, 10: 35: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

PERSIAPAN: Anggota DPRD Blora saat melakukan geladi bersih di gedung DPRD Blora kemarin (26/8).

PERSIAPAN: Anggota DPRD Blora saat melakukan geladi bersih di gedung DPRD Blora kemarin (26/8). (M. Mahfudz Muntaha / Radar Blora)

Share this      

Berita Terkait

BLORA, Radar Bojonegoro - Anggota baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Blora hari ini (27/8) melakukan pengambilan sumpah. Kemarin (26/8) mereka sudah melakukan geladi bersih. Anggota dewan perempuan periode ini menurun.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Blora Pujianto Said mengatakan, hari ini bukan pelantikan. Namun pengambilan sumpah, yang akan dilakukan oleh pengadilan. ’’Bukan bupati atau gubernur, sehingga bukan pelantikan,’’ ujarnya.

Anggota DPRD periode 2019-2024 yang dilantik sebanyak 45 orang, berasal dari 10 partai. Yakni PDI  sebanyak 9 anggota, PKB 8 anggota, Nasdem 7 anggota, Partai Golkar 5 anggota, PPP 5 anggota, PKS 3 anggota, Partai Demokrat 3 anggota, Gerindra 2 anggota, Hanura 2 anggota, dan Perindo 1 anggota. Menurut Pujianto, anggota dewan laki-laki mendominasi. ’’Perempuannya ada 6 anggota,’’ ungkapnya.

Dia menambahkan, periode sebelumnya (2014-2019) ada delapan anggota dewan perempuan. Sehingga jumlahnya menurun.

Sementara itu, anggota dewan incumbent atau petahana, Siswanto yang bakal dilantik hari ini mengatakan, berapapun jumlah perempuan dalam keanggotaan DPRD tidak akan memengaruhi pengambilan keputusan DPRD nantinya. ’’Tidak ada keharusan pemenuhan kuota 30 persen wanita dalam keanggotaan DPRD,’’ ujar calon wakil ketua DPRD Blora dari Partai Golkar ini.

Kewajiban pemenuhan 30 persen itu untuk calon legislatif (caleg) di setiap partai politik (parpol) dalam pemilihan legislatif pada 17 April lalu. ’’Setelah melalui tahap pemilihan, ternyata yang terpilih ada 6 anggota perempuan,’’ terangnya.

(bj/fud/feb/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia