Kamis, 19 Sep 2019
radarbojonegoro
icon featured
Yuk

Pecinta Hewan Albino

23 Agustus 2019, 11: 55: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Frisma Hafisyah Mufti Dewanti

Frisma Hafisyah Mufti Dewanti (Istimewa)

Share this      

Hewan yang tidak memiliki pigmen kulit sering disebut dengan hewan albino. Warna tubuhnya yang cenderung pucat justru banyak disukai sebagian pecinta binatang. Seperti Frisma Hafisyah Mufti Dewanti, 21. Ketika kali pertama melihat landak mini albino di sebuah pet shop, dia langsung jatuh cinta. Selain warnanya yang unik, ukuran tubuh landak yang mini dinilai aman untuk dipelihara.

‘’Duri-durinya tidak tajam kok. Hanya terasa kasar. Landak albino memang rata-rata bentuknya mini. Sehingga lucu seperti boneka hidup,’’ kata dara yang tinggal di Kelurahan Jetis, Kecamatan Lamongan, kemarin (22/8).

Frisma mengingat, dirinya membeli landak mini albino anakan seharga Rp 250 ribu. Karena masih jarang orang yang berternak binatang mungil ini, Frisma harus menunggu selama tiga hari. Sebab, hewan tersebut dipesan dari Surabaya. Landak mini miliknya berjenis salt and pepper yang paling banyak dijual di pasaran.

Menurut mahasiswi jurusan agroteknologi ini, memelihara landak mini albino, terbilang mudah. Asalkan ventilasi di lingkungan sekitarnya kering dan sejuk. Frisma juga kerap memandikan hewan kesayangannya tiga hari sekali menggunakan sampo khusus bayi dan sikat gigi. Untuk pemberian makannya, dia harus menyiapkan serangga.

‘’Landak adalah hewan insektivora atau pemakan serangga. Biasanya saya kasih pakan ulat Hongkong yang dibeli di toko burung,’’ ujarnya.

Dalam memelihara binatang, hal yang terpenting bagi Frisma adalah harus mengajak berinteraksi agar tidak mudah stres. Selain meletakkan mainan dan serbuk kayu di dalam kandangnya, landak mini sesekali harus dilepas dan dibiarkan bermain dengan sang majikan.

‘’Biasanya saya lepas di atas rumput-rumput. Biar dia merasa seperti kembali di habitatnya. Tapi ya harus diawasi,’’ tuturnya.

Dalam waktu dekat ini, Frisma berencana membeli seekor landak mini lagi jenis apricot yang memiliki kombinasi warna duri krem sedikit putih.

(bj/din/yan/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia