Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Blora

Warga Papua Aman di Blora

22 Agustus 2019, 10: 55: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

AMAN: Siswa asli Papua merasa nyaman menuntut ilmu di Blora.

AMAN: Siswa asli Papua merasa nyaman menuntut ilmu di Blora. (MAHFUDZ MUNTAHA/Jawa Pos Radar Blora)

Share this      

BLORA, Radar Bojonegoro - Warga Papua ada yang menempuh pendidikan di Blora. Selama di Kota Sate tersebut, mereka hidup rukun dan damai dengan warga sekitar. Tidak ada diskriminasi terhadap mereka. Sehingga ricuh di Papua tidak berpengaruh terhadap mereka.

Meski begitu, mereka tetap memberi perhatian terhadap kondisi di Papua. Mereka berharap kasus tersebut segera berakhir. 

Salah satu pelajar asal Papua di SMA Katholik Wijayakusuma Blora, Balmenip Mariella Singpanki mengaku cukup merasakan kedamaian selama menuntut ilmu di Blora. Selama dua tahun di Blora, warga setempat menerimanya dengan baik dan penuh cinta kasih. ''Warga menerima kami dengan baik. Semoga kedamaian seperti ini juga bisa dirasakan warga Papua lain yang ada di daerah lain,’’ ujarnya kemarin (21/8). 

Sebagai warga Papua, dia berharap, tidak terjadi diskriminasi yang memicu adanya konflik. ‘’Bagaimanapun kita ini bagian dari NKRI,'' tandasnya.

Pelajar Papua lainnya, Natalia juga mengungkapkan hal yang sama. Bahkan ia mengaku sangat betah dan sudah menganggap warga di Blora sebagai keluarga sendiri. ''Kami di sini sudah dianggap seperti keluarga sendiri, jadi kami merasa senang dan nyaman,'' bebernya.

Bahkan, ungkap dia, setelah lulus ingin menetap di Blora. Karena dia merasakan kenyamanan di Blora.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Katholik Wijayakusuma Blora, Lorensius Prasana mengatakan, di sekolahnya ada enam siswa asli Papua. Mereka selama ini tinggal di asrama dengan warga dari daerah lain. 

''Mereka kita asramakan. Ada asrama kita di belakang sekolah sini,'' katanya.

Dia mengungkapkan, selain dari Papua, di sekolahnya juga ada siswa dari Kupang, Lombok dan Kalimantan. ‘’Jumlahnya sekitar ada 16 orang, dan puji Tuhan mereka selama ini akur dan baik-baik saja,'' jelasnya.

(bj/fud/feb/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia