Selasa, 21 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Features
AKP Mustijat, Brigadir hingga Lolos Akpol

Ikut Tes karena Ingin Dekat Orang Tua

Oleh: YUDHA SATRIA ADITAMA

21 Agustus 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

PERJALANAN PANJANG: Kasatreskrim Polres Tuban AKP Mustijat Priyambodo.

PERJALANAN PANJANG: Kasatreskrim Polres Tuban AKP Mustijat Priyambodo. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

LOLOS sebagai bintara polisi tak membuat Mustijat Priyambodo puas. Dia pun mencoba kemampuannya dengan mendaftar dan lolos sebagai taruna Akademi Kepolisian (Akpol). Berikut cerita sisi lain Kasatreskrim Polres Tuban tersebut.

Mustijat Priyambodo mengawali karirnya sebagai bintara polisi yang lolos seleksi calon bintara (caba) pada 2001. Tugas pertama brigadir polisi dua (bripda) itu di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dua tahun di Jambi, pada 2003 Mustijat mulai dimutasi ke Aceh, persisnya di Ulee Lheue, Kecamatan Meuraksa, Banda Aceh.

Setelah setahun bertugas di wilayah ujung barat Indonesia tersebut, Mustijat kembali dimutasi ke Polsek Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi hingga kenaikan pangkat menjadi briptu.

Selama lima tahun sejak pendidikan caba hingga briptu, Mustijat selalu mendapat tugas di luar pulau dan tak bisa rutin pulang menjenguk kedua orang tuanya. Terlebih, jarak Sumatera ke kampung halamannya di Purbalingga, Jawa Tengah cukup jauh.

Komunikasi dengan orang tua pun terbatas karena akses komunikasi saat itu masih terbatas. Wajarnya seorang anak, kerinduan terhadap kedua orang tua pun sulit dibendung. Keinginan Mustijat untuk lebih dekat dengan orang tuanya jadi kenyataan. Saat bertugas di Kerinci, dia mencoba peruntungan dengan mendaftar taruna Akpol. ‘’Saat itu di pikiran saya, tes Akpol merupakan kesempatan untuk lebih dekat dengan orang tua,’’ kenang dia.

Bapak dua anak ini bersama enam temannya yang berpangkat brigadir akhirnya mendaftar Akpol. Saat menjalani serangkaian tes, hanya Mustijat yang lolos. Sejak menjadi taruna Akpol, Mustijat lebih leluasa menjenguk kedua orang tuanya karena pendidikan Akpol di Magelang relatif dekat dengan kampung halamannya. ‘’Minimal saya bisa menghubungi kedua orang tua lewat telepon karena akses komunikasi di Jawa lebih mudah,’’ kata dia.

Pada tahun kedua menempuh pendidikan di Akpol, Istandi, ayah Mustijat sakit keras hingga akhirnya meninggal dunia. Pada detik-detik terakhir menjelang sang ayah tutup usia, Mustijat masih bisa mendampingi sosok yang paling dicintainya itu. ‘’Bapak adalah orang yang benar-benar mendorong saya agar jadi polisi yang baik. Bahkan agar saya lolos Akpol, beliau sowan ke seluruh kiai besar di Purbalingga untuk memohon doa restunya,’’ kata Mustijat dengan mata berkaca-kaca.

Anak pasangan (alm) Istandi – Nuraningsih ini mengaku ingat betul kata-kata terakhir ayahnya sebelum tutup usia. Sang ayah berpesan agar dirinya menjadi polisi yang baik dan mengutamakan masyarakat. Almarhum  merupakan pensiunan guru SD. Sementara Nuraningsih merupakan pegawai negeri sipil (PNS) badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN) di Purbalingga. ‘’Saya hidup dari didikan keluarga guru,’’ turu perwira yang hodi bersepeda ini.

Setelah tiga setengah tahun menempuh pendidikan di Akpol, Mustijat yang lulus 2008 ditugaskan di Polres Karimun, Kepulauan Riau. Lagi-lagi, dia harus jauh dari keluarganya. Hingga pada 2012, dia mendaftar Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) untuk menunjang karirnya. Pada 2014 setelah lulus dari PTIK, Mustijat ditugaskan di Polda Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY).

Pada 2015, dia berpangkat balok tiga dan ditugaskan menjadi kasatreskrim Polres Gunungkidul, DIY. Dua tahun kemudian, dia ditugaskan sebagai kasatreskrim Polres Tulungagung. Mustijat dilantik sebagai kasatreskrim Polres Tuban pada 27 Desember 2018. ‘’Kesuksesan seorang anak tergantung dari doa dan restu orang tua,’’ ujar ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Pengkab Tuban ini.

(bj/yud/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia