Senin, 27 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Jadi Jujukan Warga Belum Keturutan ke Monas

Habiskan 59 Bambu, Tinggi 15 Meter

16 Agustus 2019, 10: 45: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

MENYERUPAI: Replika Monas di Desa Tulungrejo, Kecamatan Trucuk, ini tinggi 15 meter. Replika yang dibuat sebulan ini jadi jujukan warga.

MENYERUPAI: Replika Monas di Desa Tulungrejo, Kecamatan Trucuk, ini tinggi 15 meter. Replika yang dibuat sebulan ini jadi jujukan warga. (NURCHOLISH/RDR.BJN)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Belum tahu Monas  di Jakarta? Nah, warga Bojonegoro bisa melihat Monas atau (Monumen Nasional) secara dekat. Lokasinya di Dusun Gedangan, Desa Tulungrejo, Kecamatan Trucuk.

Hanya, Monas tersebut berupa replika. Meski begitu, banyak warga berfoto di replika Monas yang tak jauh dari Jembatan Sosrodilogo. “Selama sebulan sekitar 30-an warga membuat Monas sejak Juli lalu. Digarap mulai pukul 19.00 hingga dini hari, dan dipasang 8 Agustus lalu,” kata Teguh, salah satu warga setempat.

Menurut dia, inisiatif warga setempat membuat replika Monas karena ingin meramaikan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI). Proses pembuatan replika Monas sekitar sebulan. 

Tinggi Monas sekitar 15 meter. Bahan yang digunakan menghabiskan 56 pohon bambu. Kertas semen bekas, banner bekas, kawat, dan cat. Tahap tersulit, kata Teguh, ketika menginstalasi di atas gapura. 

“Semoga replika Monas bisa jadi jujukan warga yang belum keturutan foto di Monas yang asli. Kalau malam juga bagus, karena kami pasang banyak lampu,” ungkap dia.

Perancang replika monas itu yakni Tyok. Ide awalnya hanya ukuran kecil. Karena dorongan warga untuk membuat ukuran besar, akhirnya Tyok mendesain setinggi 15 meter. 

“Tahun-tahun sebelumnya kami pernah buat hiasan naga. Pernah juga gatotkaca, alhamdulillah warga kompak,” katanya.

Kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 RI cukup terasa di setiap sudut Bojonegoro. Selain memasang bendera merah putih, juga aneka lampion. Salah satu gapura di Gang Kyai Sulaiman Kelurahan Klangon juga dihias dengan replika burung garuda berukuran besar dan membentangkan tulisan Bhinneka Tunggal Ika.

(bj/gas/rij/cho/bet/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia