Sabtu, 24 Aug 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Sekda: Jangan Hanya Copy Paste

Output Pengganggaran Harus Terukur dan Terarah

14 Agustus 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

Foto profil Sekda Tuban Budi Wiyana

Foto profil Sekda Tuban Budi Wiyana (AHMAD ATHO’ILLAH/Jawa Pos Radar Tuban)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Sekda Tuban Budi Wiyana menekankan pentingnya kesesuaian peruntukan program dan kegiatan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dengan kebutuhan di lapangan. Pernyataan tersebut disampaikannya saat membuka rapat koordinasi teknis (rakortek) program kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban kemarin (13/8).

Budi menegaskan, setiap program dan kegiatan harus membawa dampak nyata bagi masyarakat. ‘’Tidak sekadar menggugurkan kewajiban,’’ tegas dia. 

Meski tidak terang-terangan menyinggung organisasi perangkat daerah (OPD) dimaksud, diakui Budi, masih ada sejumlah program dan kegiatan yang hanya sekadar jiplak atau copy paste dari program dan kegiatan tahun anggaran sebelumnya. Tanpa up-date kondisi terkini yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. ‘’Seperti ini (program copy paste, Red) jangan sampai terulang lagi. Program dan kegiatan harus jelas sesuai kebutuhan di lapangan. Jelas sasarannnya,’’ tegas mantan kepala badan perencanaan dan pembangunan daaerah (bappeda) itu.

Program penanganan gizi buruk misalnya, lanjut Budi, proses penganggarannya harus riil dengan kebutuhan di lapangan. Sesuai dengan data base yang ada. Begitu juga dengan program pengentasan kemiskinan. ‘’Harus jelas. Sesuai data base. Jangan sampai proses penganggaran program dan kegiatan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Hanya sekadar menggugurkan kewajiban,’’ tegas Budi kembali menekankan pentingnya program dan kegiatan yang terukur dan terarah.

Sebagaimana diketahui, dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD), Jawa Pos Radar Tuban kerap menemukan program dan kegiatan yang mirip dengan program dan kegiatan pada tahun anggaran sebelumnya. Bahkan, bukan hanya mirip, tapi memang copy paste dari tahun anggaran sebelumnya. Tidak ada sedikit pun inovasi maupun improvisasi pada program tersebut. Kesannya hanya mengulang program yang sama dari tahun sebelumnya.

(bj/tok/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia