Kamis, 12 Dec 2019
radarbojonegoro
icon-featured
Lamongan
897 Cakades Bersaing Dipilih Bulan Depan

Pilkades Serentak Tetap 385 Desa

14 Agustus 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan – Pemilihan kepala desa (pilkades) di Lamongan tetap bakal serentak dilaksanakan di 385 desa. Sebab,  syarat desa – desa tersebut untuk menggelar pilkades bulan depan telah terpenuhi.

Salah satunya, ada minimal dua calon kepala desa (cakades).  Kabag Pemerintahan Desa, Abdul Khowi, menyatakan, saat seleksi administrasi, ada tiga calon kepala desa (cakades) yang gagal maju ke tahapan selanjutnya.

‘’Penelitian bakal cakades kan baru selesai, dan ada yang dinyatakan tidak memenuhi syarat setelah ditemukan bukti baru. Sehingga saat penetapan mereka tidak tercantum,” ujarnya kemarin (13/8).

Namun, bacakades yang gugur administrasi itu tidak menunda pelaksanaan pilkades. Sebab, jumlah bacakades di desa tersebut masih memenuhi syarat.

“Intinya saat penetapan (terakhir) Senin lalu (12/8) (terdata) ada 897 calon,” imbuhnya.

Dari 897 cakades itu, sebagian calon incumbent, pasutri, dan ada hubungan keluarga. Setelah penetapan, tahapan selanjutnya penyusunan daftar pemilih sementara. Setelah penyusunan ini, desa berhak mencairkan dana untuk kebutuhan pilkades. Besarannya beragam, menyesuaikan jumlah pemilih. Namun, masing-masing desa berhak mencairkan dana merata Rp 15 juta. Dana ini khusus untuk sosialisasi jelang pilkades.

(bj/rka/yan/min/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia