Sabtu, 24 Aug 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Maksimal Rp 9 Juta

Hanya 20 Anggota DPRD Terima Pesangon

14 Agustus 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO, Radar Bojonegoro - Sebanyak 20 anggota DPRD Bojonegoro yang purnatugas akan menerima pesangon. Mereka anggota DPRD yang tak lagi menjabat legislator lima tahun mendatang.

Pesangon yang diterima itu bervariasi. Maksimal Rp 9 juta. Nilainya adalah enam kali uang representasi sebulan. ’’Representasi Rp 1,5 juta sebulan. Kalau enam kali menerima Rp 9 juta,’’ ujar Anam Warsito, anggota DPRD yang juga akan purnatugas 21 Agustus mendatang.

Masa tugas anggota DPRD periode 2014-2019 berakhir 21 Agustus nanti. Kemudian, DPRD hasil Pemilihan Umum  Legislatif (Pileg) 2019 akan dilantik hari itu juga. Sebanyak 20 anggota DPRD yang purnatugas itu akan digantikan wajah-wajah baru. Sedangkan, 30 anggota DPRD sisanya masih bertahan sebagai anggota DPRD.

’’Tali asih (pesangon) itu sudah ada perda (peraturan daerah) yang mengaturnya,’’ jelasnya.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris DPRD (Sekwan) Teguh Wibowo menjelaskan, uang jasa pengabdian DPRD diatur dalam Perda Nomor 9 Tahun 2017. Dalam perda itu dijelaskan apa saja hak-hak keuangan anggota DPRD selama menjabat. ’’Salah satunya uang jasa pengabdian itu,’’ katanya.

Anggota DPRD hasil pergantian antarwaktu (PAW) juga mendapatkan uang jasa pengabdian atau pesangon. Besarannya disesuaikan dengan masa tugasnya.

Teguh menjelaskan, masa tugas kurang atau sampai satu tahun akan mendapatkan uang representasi satu bulan. Masa tugas dua tahun mendapatkan uang representasi dua bulan. Begitu seterusnya sampai masa bakti empat tahun. ’’Sedangkan masa bakti lima tahun mendapatkan representasi enam bulan,’’ jelasnya.

Sedangkan, anggota DPRD yang mengundurkan diri, tidak mendapatkan uang jasa pengabdian. Sebab, dalam perda dijelaskan yang mendapatkan adalah yang purnatugas. ’’Kalau mengundurkan diri tidak bisa,’’ jelasnya.

Pada periode ini, ada tiga anggota DPRD hasil PAW. Yakni satu orang dari fraksi PDI Perjuangan dan dua dari fraksi Golkar. (zim/rij) 

(bj/zim/rij/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia