Selasa, 10 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Pilkada Serentak 2020

September Mulai Tahap Sosialisasi

29 Juli 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

TUBAN, Radar Tuban – Tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 diprediksi bakal mulai dilaksanakan pada September 2019. Termasuk pemilihan bupati (pilbup) Tuban.

Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban M. Nurokhib mengatakan, merujuk pada pelaksanaan pilkada serentak 2015, tahapan pilkada sudah dimulai satu tahun sebelum pelaksanaan. Dengan demikian, September nanti tahapan pilkada sudah dimulai. ‘’Tahap awal adalah sosialisasi pelaksanaan pilkada kepada masyarakat,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Tuban kemarin (28/7).

Namun demikian, Rokhib belum bisa menyampaikan secara pasti terkait jadwal tahapan pelaksanaan pilkada tersebut. Sebab, draf yang sudah tersusun masih bisa berubah atas dasar masukan masyarakat. Namun, yang pasti tahap awal ada kegiatan sosialisasi.

‘’Kalau untuk pembentukan badan adhoc, seperti pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PKK), panitia pemungutan suara (PPS), dan penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) baru tahun depan,’’ terang alumnus Stitma Tuban itu.

Adapun tahapan saat ini, lanjut Rokhib, KPUK Tuban sudah melaksanakan tahapan pilkada berupa penyampaian proposal kebutuhan anggaran pilkada 2020. ‘’Sudah kita usulkan dan sudah dibahas dalam rancangan APBD 2020,’’ tandasnya.

Sekadar diketahui, KPU RI sudah memastikan bahwa pelaksanaan pilkada serentak akan berlangsung pada 23 September 2020 nanti. Hanya, kapan tahapan pilkada akan dimulai, belum ada jadwal tahapan yang dirilis KPU RI. Masih berupa draf.

(bj/tok/wid/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia