Senin, 17 Feb 2020
radarbojonegoro
icon featured
Sportainment
CATUR

Butuh 16 Atlet di Porprov 2021

24 Juli 2019, 11: 35: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

DISIAPKAN DINI : Pecatur Lamongan saat mengikuti sebuah kejuaraan beberapa waktu lalu.

DISIAPKAN DINI : Pecatur Lamongan saat mengikuti sebuah kejuaraan beberapa waktu lalu. (DOK/RDR.LMG)

Share this      

LAMONGAN, Radar Lamongan – Meskipun gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur masih dua tahun lagi, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Lamongan sudah mengatur komposisi atlet yang akan bertanding. Terlebih Cabang Olahraga (cabor) Catur juga berencana menambah kategori nomor lomba, yakni campuran putra dan putri. Di Porprov VI Jatim lalu, Percasi Lamongan mengirim 12 atlet dan berhasil mendulang enam medali. ‘’Porprov mendatang, diperkirakan akan membutuhkan 16 atlet untuk bisa ikut serta di berbagai nomor perlombaan,’’ kata Ketua Umum Percasi Lamongan, Suyatmoko kemarin (23/7). 

Dia menjelaskan, saat ini ada empat atlet yang berusia 21 tahun. Sehingga tidak bisa lagi mengikuti porprov mendatang. Berarti semakin dibutuhkan atlet baru. ‘’Butuh delapan atlet lagi untuk persiapan. Karena minimal butuh 16 atlet untuk bisa kompetitif. Rencananya kami akan menggali dan menyaring pecatur-pecatur lokal melalui kejurkab (kejuaraan kabupaten) tahun ini,’’ jelasnya kepada Jawa Pos Radar Lamongan.

Menurut dia, atlet catur yang dibina saat ini hanya berasal dari Kecamatan Babat, Kedungpring, Kembangbahu, dan Sambeng. Sehingga pihaknya juga akan mensosialisasikan olahraga ini ke berbagai kecamatan untuk mencari bibit-bibit atlet.

Dia mengungkapkan, mulai bulan depan para pecatur akan menjalani latihan intensif setiap akhir pekan. Percasi juga menargetkan setiap tiga bulan, setidaknya atlet harus menjalani tryout sebanyak empat kali. ‘’Latihannya juga computerize (berbasis komputer),’’ tambah pria yang juga Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan.

Evaluasi pada Porprov lalu, ungkap dia, tim catur Kota Soto tersebut unggul di berbagai nomor perlombaan. Namun untuk atlet putra tidak ada yang turun di kategori perorangan. Sehingga mereka hanya bisa memetik medali di kategori beregu putra. Sementara atlet putri justru unggul dan berhasil memperoleh medali di kategori perorangan putri. 

(bj/din/feb/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia