Sabtu, 24 Aug 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

MPLS SMA Wajib Libatkan Beragam Profesi

18 Juli 2019, 11: 40: 59 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

LIBATKAN EKSTERNAL: Personel TNI yang memberi edukasi terkait wawasan bela negara di SMAN 2 Tuban kemarin (17/7).

LIBATKAN EKSTERNAL: Personel TNI yang memberi edukasi terkait wawasan bela negara di SMAN 2 Tuban kemarin (17/7). (YUDHA SATRIA ADITAMA/RDR.TBN)

Share this      

TUBAN - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) SMAN menyisakan hari terakhir Jumat besok (19/7). Berbeda dengan SMP yang hanya melibatkan guru dan tenaga pendidik, MPLS SMA harus kreatif dalam setiap penyelenggaraan kegiatannya. Saah satunya harus melibatkan pihak eksternal sekolah untuk menjadi pemateri.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Suparlin mengatakan, MPLS wajib melibatkan praktisi yang linier dengan profesinya. Sejak awal seluruh kepala sekolah sudah diinstruksikan melibatkan profesi di luar pendidik untuk pengisi acara. Mereka berlatar nonpendidik, seperti TNI, Polri, petugas kesehatan, atau profesi lainnya. Tugasnya sebagai pemateri

Mantan kepala SMAN 4 Tuban ini  mengatakan, keterlibatan praktisi atau profesi nonpendidik bertujuan agar siswa memperoleh berbagai wawasan dari ahlinya. Juga menambah pemahaman terkait beragam profesi. ‘’Dari TNI bisa menjelaskan tentang wawasan cinta tanah air, dari Polri bisa jelaskan bahaya narkoba. Profesi apa pun silakan,’’ tegas dia. 

Dikatakan Suparlin, dengan mengajak berbagai pihak eksternal, suasana MPLS bisa lebih hidup.‘’Semakin banyak pemateri dari praktisi yang didatangkan semakin banyak wawasan yang didapat para siswa baru,'' tutur pendidik jebolan S-2 Curtin University of Technology, Perth, Western Australia ini.

(bj/yud/ds/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia