Selasa, 12 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Hukum & Kriminal

Hari Ini Sidang Pertama, Praperadilan Gugur?

11 Juli 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Syamsul Hadi, Inspektur Bojonegoro (nonaktif)

Syamsul Hadi, Inspektur Bojonegoro (nonaktif) (BHAGAS DANI PURWOKO/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Inspektur Bojonegoro (nonaktif) Syamsul Hadi hari ini (11/7) agendanya menjalani dua sidang penting. Yakni sidang gugatannya terkait praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro. Serta, sidang perdana dugaan korupsi Audit Internal Inspektorat 2015-2017 di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya.

Apabila sidang pokok (dugaan korupsi audit internal inspektorat) sudah dimulai, apakah akan membuat sidang praperadilan itu gugur? Majelis Hakim PN Bojonegoro Isdaryanto tak ingin banyak berkomentar.

Karena menurutnya, proses yang sedang berjalan diikuti saja dulu. Sebab, ia merasa persoalan itu sudah termasuk dalam materi putusan.

Meskipun, ia menjelaskan sebenarnya secara normatif praperadilan dinyatakan gugur apabila sidang pokok perkara telah dibuka hakim untuk umum. “Tapi kan itu belum terjadi. Jadi tunggu saja. Saya tidak mungkin jawab sekarang, kan itu masuk materi putusan,” jelasnya kemarin (10/7).

Menurut dia, sidang praperadilan agendanya pembuktian pemohon Syamsul Hadi. Selanjutnya, pembuktian termohon Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro. Sidang pembuktian nanti, pemohon dan termohon akan diuji semua alat bukti yang dihadirkan di persidangan.

“Nanti alat-alat bukti itu diuji sebagai materi putusan,” katanya.

Aditya Okto Tohari, salah satu jaksa pengacara negara (JPN) kejari mengatakan, mengikuti semua proses yang ada. Namun, ia belum mau membeberkan akan menghadirkan berapa saksi saat sidang pembuktian besok (12/7).

Tetapi intinya, secara materi pembuktian merasa sudah sangat matang. “Kami lihat dulu saksi dari pemohon, nanti kami pun akan menyesuaikannya memberikan alat bukti di muka persidangan,” katanya.

Sementara itu, Bayu Wibisono pengacara Syamsul Hadi mengatakan, sidang praperadilan sudah ditangani adik kandung dan putra kliennya. Ia mengaku fokus menyiapkan materi sidang pertama di PN Tipikor Surabaya hari ini.

“Maaf mas, saya fokus sidang pertama, karena praperadilan itu ditangani pihak keluarga klien saya,” jelasnya.

(bj/gas/rij/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia