Kamis, 18 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Advertorial

Api Porprov Dikirab Melewati 10 Kecamatan

06 Juli 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ANTUSIAS: Masyarakat dan pelajar antusias menyambut kirab api porprov di sepanjang jalan.

ANTUSIAS: Masyarakat dan pelajar antusias menyambut kirab api porprov di sepanjang jalan. (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

RANGKAIAN Kirab Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019 berakhir di Lamongan kemarin (5/7), setelah sebelumnya sempat disemayamkan di Gedung Grahadi Surabaya.  Api yang diambil dari sumber api abadi, Khayangan Api di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro telah dikirab di lima kabupaten/kota sejak Senin (1/7). Yakni Bojonegoro, Tuban, Gresik, Surabaya, dan Lamongan.  

Dari Gedung Grahadi, Api Porprov tersebut diserahkan pengurus PB Porprov VI, Dedi Suharyadi dan diterima oleh Yuhronur Efendi selaku Komandan Kontingen Porprov Lamongan di perbatasan Lamongan-Gresik, tepatnya di Gapura Paduraksa Desa Pandanpacur, Kecamatan Deket.  Ikut mendampingi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lamongan, Muhajir; Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lamongan, Janadi; Camat Deket, Joko Raharto, dan perwakilan dari organisasi perangkat dinas (OPD). Lima atlet asal Lamongan yang berprestasi di tingkat internasional turut  mengarak. Yakni Dahlia Rosida dan Heri Fitrianto atlet balap sepeda, Putra Orga Ardianto dan Nurhayati atlet gulat, serta Oki Artha Dirgantara atlet aeromodelling.

Yuhronur merasa bangga melihat antusias masyarakat dan pelajar yang berjejer di sepanjang jalan untuk menyambut kirab api porprov. Termasuk masyarakat yang ikut terlibat langsung dalam barisan kirab menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Api porprov tersebut kemudian dikirab secara estafet melewati 10 kecamatan, sebelum disemayamkan di Pendapa Lokatantra Pemkab Lamongan. Yakni Kecamatan Deket, Lamongan, Tikung, Kembangbahu, Mantup, Sambeng, Ngimbang, Kedungpring, Sugio dan Sukodadi. Dan malam ini api tersebut akan disulut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam upacara pembukaan Porprov VI Jatim 2019 di Stadion Surajaya Lamongan.

UNIK MENARIK: Kelompok ibu-ibu dengan busana dan atraksi unik ikut menyambut kirab api porprov.

UNIK MENARIK: Kelompok ibu-ibu dengan busana dan atraksi unik ikut menyambut kirab api porprov. (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

‘’Alhamdulillah masyarakat dan pelajar menyambut baik. Seperti keinginan Gubernur bahwa spirit porprov menjadi pembelajaran bagi para siswa supaya mereka lebih mencintai olahraga dan bisa berprestasi,’’ ucapnya.

Kirab api porprov itu diiringi puluhan mobil dan ratusan motor jenis offroad, vespa, mobil pemadam kebakaran, dan mobil patwal kepolisian. Di sepanjang jalan, warga dan siswa menyambut arak-arakan tersebut dengan meriah, sambil mengibarkan bendera merah putih. Tak ketinggalan ibu-ibu PKK juga menyerukan yel-yel memakai kostum unik.

(bj/din/feb/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia